LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Jitu Supaya Anak tidak Berbohong

Kebohongan tidak bisa dibiarkan begitu saja, apalagi jika yang berbohong itu adalah buah hati kita. Disinilah sebagai orang tua kita harus berperan aktif. Karena saat masih anak-anak inilah, karakter mereka masih bisa di bentuk. Untuk itu kita harus mengupayakan dan mendidik tentang hal-hal baik buat nya, yang salah satunya adalah mendidiknya untuk tidak berbohong.

Nah, supaya anak tidak berbohong, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya

  • Jangan Memarahi Anak

Memarahi sang anak termasuk salah satu hal keliru yang sering dilakukan oleh orang tua. Sebagai anak-anak, wajar kiranya jika mereka melakukan kesalahan, jadi tidak semua kesalahan mereka itu patut dihukum.

Biarkan agar anak mengakui sendiri mengapa ia melakukan hal tersebut dan cobalah untuk mengerti bagaimana kondisi sang anak. Ini memang tidak instan, dan Anda memang dituntut untuk sabar dan tekun. Tapi lambat laun kesadaran sang anak pasti akan muncul dengan sendirinya. Dan tentunya itu lebih baik, daripada mereka melakukannya karena paksaan.

Supaya Anak tidak Berbohong

Supaya Anak tidak Berbohong

  • Jangan Beri Label Pembohong pada Anak

Orang tua jangan sampai memberikan label pembohong kepada anak, karena hal ini bisa saja menjadi pemicu ia akan berbohong seterusnya karena label yang telah orang tua sematkan padanya. Mereka akan percaya bahwa mereka ditakdirkan untuk berbohong, sehingga anak tersebutsulit untuk jujur nantinya.

  • Beri Anak Kepercayaan

Sekali dua kali anak berbohong, sebaiknya orang tua tetap memberinya kepercayaan. Dengan begini anak nantinya akan dapat merasakan kesalahan yang telah dilakukannya sehingga dia dapat mengakui kebohongannya sendiri nantinya.

  • Berikan Contoh

Tak hanya menyuruh anak untuk berperilaku jujur dan tidak berbohong, orang tua juga sebaiknya menerapkan hal ini pada diri sendiri dalam rangka memberikan contoh pada anak.

Karena bagaimanapun, sebagian besar tindakan orang tua akan direkam oleh anak dan tidak menutup kemungkinan anak akan mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tua.

Baca juga : Manfaat Mendengarkan Keluhan Anak

  • Terapkan Kedisiplinan pada Anak

Sebaiknya orang tua juga memberitahu anak hukuman apa yang akan diterimanya jika anak tetap berbohong. Tetapi perlu diingat, bahwasanya hukuman ini hanya memberikan efek jera jadi jangan berikan hukuman yang terlalu berat pada anak.

Begitu juga dengan kondisi yang sebaliknya, orang tua juga sebaiknya memberikan penghargaan semacam pujian atau sanjungan pada anak jika anak berkata jujur atau mengakui kebohongannya.

Tetapi dalam kondisi anak yang berbohong tetapi telah mengakui kebohongannya sebaiknya orang tua tetap menerapkan hukuman pada anak agar anak jera tetapi dengan porsi hukuman yang lebih ringan.

  • Pahami Kondisi Anak

Ini juga salah satu kunci utama yang harus dipahami oleh orang tua. Orang tua sebaiknya memahami mengapa anak berbohong, sehingga dengan demikian orang tua pun dapat mengambil tindakan selanjutnya dengan benar.

Nah, itulah 6 kiat yang dapat dilakukan oleh orang tua supaya anak tidak berbohong. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.