LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Jitu Menumbuhkan Rasa Ikhlas

Ikhlas merupakan sebuah kata yang sering kita dengar, sangat kita fahami namun sangat sulit dan berat untuk kita laksanakan. Hal ini dikarenakan jika kita berbicara tentang ikhlas berarti kita berbicara tentang hal yang tidak dapat di bohongi. Sehingga untuk dapat memiliki rasa ikhlas harus berasal dari lubuk hati yang paling dalam.

Meskipun demikian keikhlasan dapat kita latih dengan perlahan, sehingga lambat laun kita akan memiliki rasa tersebut dengan spontan tanpa harus di ingiatkan ataupun di sadarkan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk melatih ikhlas.

Tips Jitu Menumbuhkan Rasa Ikhlas :

  1. Kurangi rasa kepemilikan

Rasa ikhlas terkadang sulit hadir jika kita memiliki rasa kepemilikan yang sangat tinggi, sehingga kita beranggapan apa yang ada pada kita merupakan milik kita sepenuhnya dan pada akhirnya tidak rela untuk membaginya dengan orang lain.

Pada posisi seperti ini ketika kita diharuskan untuk memberi seperi mengeluarkan zakat, infaq atau sedekah maka akan timbul perasaan tidak ikhlas saat menunaikannya, dan hal itulah yang menjadikan amalan yang kita lakukan menjadi tidak bermakna.

Baca juga : Sedekah, Amalan yang Banyak Memberi Manfaat Kita di Dunia dan Akhirat Kelak

Tips Jitu Menumbuhkan Rasa Ikhlas

Tips Jitu Menumbuhkan Rasa Ikhlas

  1. Hindari Pamer (Ria)

Pamer ataupun menyombongkan diri menjadi salah satu hal yang menyebabkan kita kurang ikhlas dalam melakukan sebuah amalan. Hal ini berkaitan dengan niat, karena ketika kita sedikit saja berniat pamer maka sebetulnya segala amalan yang kita lakukan tidak akan menadapatkan apapun selain kesombongan diri.

Oleh karena itu ketika kita akan melakukan sebuah amalan apapun itu bentuknya pastikan tidak ada niatan apapun selain hanya karena Allah SWT, apalagi jika niat yang kita lakukan tersebut mengandung unsur pamer.

  1. Lakukan secara tertutup (sembunyi)

Jika kita ingin mengharapakan keihlasan dalam melakukan sebuah amalan maka salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan sembunyi – sembunyi. Karena dengan cara tersebut kita akan terhindar dari publikasi yang akan menggiring kita kepada ria dan pada akhirnya kita tidak ikhlas dalam melakukannya.

  1. Persamaan Kedudukan dan Jabatan

Ikhlas akan hadir jika kita terbebas dari hal yang bernama jabatan. Ketika  kita berada di atas sebagai pemimpin, kita dapat menjalankan amanah yang dibebankan kepada kita dengan berlandaskan Allah SWT sehingga kita tidak akan sewenang-wenang terhadap bawahan kita.

Sedangkan ketika kita terlepas dari jabatan tersebut dan tidak memiliki kedududkan apapun, kita tidak kecewa bahkan bersedih hati karena kita tetap dapat menjalankan tugas dan fungsi kita sebagai manusia dengan landasan yang sama yaitu Allah SWT.

Baca juga : Cara Melatih Shalat Tepat Waktu

Itulah beberapa Tips Jitu Menumbuhkan Rasa Ikhlas yang dapat kita terapkan dalam diri kita, mudah-mudahan dengan melakukan beberapa hal tersebut kita akan memiliki rasa ikhlas yang datang langsung dari hati kita tanpa embel-embel apapun dan hanya mengharapkan Ridho allah SWT.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.