LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Jitu Mengobati Bayi Masuk Angin Secara Alami

Bila buah hati Anda rewel tanpa sebab, bisa jadi si bayi mengalami masuk angin. Untuk pemicunya, tidak melulu karena makanan yang dikonsumsi sang ibu, tapi bisa juga karena lingkungan mengingat musim penghujan telah datang. Namun begitu, buat Anda para orang tua janganlah panik. Untuk mencegah hal buruk dari keluhan ini, segeralah kenali gejala dan ketahui cara mengobati sang buah hati Anda.

Solusi Tradisional Mengobati Bayi Masuk Angin

Terlepas dari daya tahan tubuh yang berbeda-beda pada bayi, gejala masuk angin pada bayi ditandai dengan mual, perut kembung, dan rewel dari biasanya. Bila  Anda menyadari gejala itu, segera obati. Dan berikut adalah beberapa cara mengobati bayi masuk angin, yang sebaiknya Anda ketahui.

  • Daun Jarak

Daun jarak ini sangat familiar di kalangan masyarakat. Anda bisa mendapatkan daun jarak di pasar tradisional. Cara menggunakan daun jarak untuk meredakan masuk angin pun mudah. Anda tinggal menuangkan minyak telon pada daun jarak lalu diusapkan pada perut bayi. Cara alami ini ampuh membuat bayi Anda merasa lebih baik.

Mengobati Bayi Masuk Angin

Mengobati Bayi Masuk Angin

  • Mandi Rempah

Cara tradisional lainnya adalah dengan memandikan bayi bersama rempah-rempah. Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan rempah-rempah seperti kayu secang, batang sereh, cengkeh dan teh kering ke dalam ember yang telah berisi air panas. Biarkan beberapa menit agar zat-zat baik pada rempah tercampur dalam air. Tunggu air hingga suhunya menghangat dan mandikan bayi Anda dengan campuran rendaman rempah-rempah.

Baca juga : Penyebab Bayi tidak Bisa Tidur Nyenyak

  • Bawang Merah

Tidak melulu digunakan sebagai bumbu dapur, bawang merah juga bisa Anda andalkan untuk mengobati masuk angin pada bayi. Anda tinggal memarut bawang merah hingga lembut lalu campur dengan sedikit minyak kelapa. Lalu usapkan secara merata pada perut, tangan, kaki dan punggung.

Cara ini dipercaya bisa membawa kehangatan pada bayi hingga mampu menstimulasi sirkulasi darah menjadi lebih aktif. Proses sirkulasi inilah yang membuat pertukaran okasigen menjadi lebih cepat dan mengusir segala gejala masuk angin. Biarkan sebentar hingga bayi Anda berkeringat. Setelah itu, mandikan dengan air bersih dan tidurkan.

  • Memijat Bayi

Jangan bayangkan memijat dengan cara yang sama pada orang dewasa. Memijat bayi sesungguhnya hanya seperti mengusap. Anda bisa menggunakan minyak telon untuk menghangatkan tubuh bayi. Usap keseluruh tubuh dan biarkan minyak telon meresap hingga bayi Anda merasa lebih baik.

  • Kerokan

Cara ini bisa Anda andalkan untuk meredakan masuk angin pada bayi. Namun Anda perlu sangta berhati-hati karena kulit bayi sangat sensitif dan tipis. Hindari penggunaan koin, sendok atau logam lainnya. Anda bisa menggantinya dengan minyak telon dan bawang merah. Cara ini sebaiknya dihindari bila bayi Anda di bawah satu tahun. Cara lainnya, kerokan ini bisa dilakukan pada payudara si ibu. Agar kehangatan bisa ditularkan melalui ASI.

  • Mandikan dengan Air Hangat

Mungkin karena buah hati sedang masuk angin, Anda absen dalam memandikannya. Rupanya cara ini tidak disukai bayi karena tubuhnya mengeluarkan ketingat saat masuk angin. Bila dibiarkan, maka keringat akan diserap kembali dalam pori-pori. Inilah yang membuat bayi menjadi lebih sakit.

Untuk menghindari hal ini terjadi, alangkah baiknya bila Anda mengajak bayi mandi uap. Caranya, tuang air panas ke dalam ember hingga uapnya ke atas lalu ajak bayi ke kamar mandi untuk merasakan manfaat uap tersebut. Biasanya bayi merasa nyaman dengan uap. Setelah itu, mandikan bayi dengan air hangat dan tidurkan.

Baca juga : Inilah Manfaat Penting Madu Untuk Bayi

Demikianlah beberapa cara mengobati bayi masuk angin. Namun bila telah menerapkan cara-cara di atas dan tidak ada kemajuan, maka segera bawa buah hati Anda pada dokter terdekat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.