LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Jitu Lulus Ujian CPNS

KeluargaSamawa.com – Siapa yang ingin jadi PNS? Kami yakin hampir semua orang ingin menempati posisi tersebut. Namun tentunya, untuk menjadi PNS, tidak semudah yang dibayangkan. Perlu usaha keras, belajar dengan giat, dan sikap pantang menyerah kala menerima kegagalan demi kegagalan saat mencobanya.

Nah, untuk memperbesar kemungkinan anda menjadi PNS, berikut ini kami akan bagikan informasi terkait tips jitu lulus ujian CPNS yang bisa anda coba. Silahkan disimak.

 Tips Jitu Lulus Ujian CPNS :

  1. Persyaratan Administrasi

Kelengkapan administrasi merupakan syarat mutlak. Kelengkapan dokumen seperti fotocopy KTP, pas photo, ijazah yang dilegalisir, surat lamaran, SKCK, kartu kuning dan sebagainya.

  1. Persiapan Materi Ujian CPNS

Persiapkan diri anda dengan mencari materi-materi ujian CPNS, bukan bocoranya ya. Anda bisa meminjam dari kerabat dekat, teman yang sudah pernah mengikuti tes CPNS atau anda juga bisa mendapatkan di internet.

Mengumpulkan informasi umum untuk sebagai pengetahuan dasar dari instansi yang anda lamar sangat penting. Tidak menutup kemungkinan pada saat ujian akan keluar pertanyaan seputar instansi yang anda lamar.

Baca juga : Beberapa Situs Pencari Lowongan Kerja Terpercaya Di Indonesia

Tips Jitu Lulus Ujian CPNS

Tips Jitu Lulus Ujian CPNS

 

  1. Seleksi Kompetenesi Dasar (SKD)

Proses SKD saat ini menggunakan sistem CAT (Commputer Assist Tes), CAT akan meminimalisir praktek kecurangan proses seleksi CPNS. Untuk lolos SKD ada beberapa jenis tes yang harus anda ketahui dan anda pelajari kisi-kisinya dan tips jitu lulus ujian CPNS.

Kisi-kisi ujian tes wawasan kebangsaan atau TKW. Materi TKW seputar penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai keempat pilar kebangsaan Indonesia

Berikutnya ada kisi-kisi tes intelegensi umum atau TIU. Tes ini akan menilai kemampuan untuk menyampaikan informasi secara lisan dan verbal. Tes ini hampir sama dengan psikotest.

Yang ketiga ada tes karakteristik pribadi atau TKP. Tes ini akan menguji integritas, kreativitas, inovasi, orientasi pada pelayanan, pengendalian diri, kemampuan beradaptasi dan kemampuan bekerja mandiri.

  1. Fisik dan Mental

Setelah seluruh persiapan diatas selesai, biasanya malah faktor utama sering terlupakan. Seringkali terlalu serius belajar, berkutat dengan kisi-kisi materi ujian membuat anda lupa akan kesehatan anda.

Perbanyaklah mengkonsumsi makanan sehat, minum air putih dan tentunya istirahat. Bersantailah agar tubuh dan pikiran anda rileks. Tidurlah lebih awal, agar anda bisa bangun dengan fresh dan siap mengikuti ujian seleksi.

Yakinlah akan kemampuan dan usaha persiapan yang telah anda lakukan untuk menghadapi ujian seleksi CPNS. Fokus dengan apa yang ada didepan mata anda, buang jauh-jauh jika sedang memiliki persoalan pribadi. Dan yang terakhir berdoalah sesuai keyakinan masing-masing.

Baca juga : 5 Perusahaan Dengan Gaji Tertinggi Untuk Fresh Graduate

Demikian diatas beberapa tips jitu lulus ujian CPNS. Semoga tips ini bisa anda praktekan pada saat anda akan mengikuti tes seleksi CPNS. Dan jangan lupa, lengkapilah syarat administrasi, mempelajari materi dan kisi-kisi ujian CPNS, dan persiapkan fisik dan mental anda.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.