LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Jitu Agar Sukses Saat Wawancara Kerja

Wawancara adalah tahapan seleksi calon karyawan yang paling menegangkan. Dimana setiap pelamar kerja akan menghadapi beragam pertanyaan dan menjawabnya secara langsung di hadapan pihak pencari kerja (HRD). Dan tentunya jawaban yang anda lontarkan tersebut, sebagai acuan dalam menilai, apakah anda layak bergabung atau tidak.

Nah, tentunya anda tidak ingin kalau sampai gagal bukan? Untuk itu, terapkan beberapa tips yang kami bagikan berikut ini agar anda tidak gagal dan bisa lolos di terima kerja.

Tips Sukses Wawancara Kerja :

  • Percaya diri

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum melakukan wawancara adalah kepercayaan diri. Dengan percaya diri seluruh pertanyaan yang diberikan saat proses wawancara dapat di jawab dengan jelas. Sehingga pewawancara tidak kesulitan memahami setiap pernyataan jawaban wawancara. Sebaliknya, jika wawancara tersebut dilakukan dengan tingkat kepercayaan diri yang rendah, maka bisa dipastikan semua jawaban akan terdengar tidak jelas dan tampak ragu – ragu. Perusahaan tentu akan lebih memilih kandidat dengan keparcayaan diri tinggi, supaya nantinya bisa mengerjakan tugas kantor dengan baik dan sungguh – sungguh.

Baca juga : Hilangkan Grogi Saat Wawancara Kerja

Tips Jitu Agar Sukses Saat Wawancara Kerja

Tips Jitu Agar Sukses Saat Wawancara Kerja

  • Selalu berfikir positif

Saat sedang melaksanakan proses wawancara, sebaiknya berikan jawaban yang positif. Jawaban – jawaban positif akan memberikan kesan yang baik dan membuat pewawancara urung menanyakan hal – hal negatif. Kemudian jika pelamar kerja kebetulan baru resign, berika pula jawaba positif saat diminta menjelaskan alasan pengunduran diri di kantor yang lama. Sehingga pewawancara tidak segan menerima anda bekerja karena dinilai mampu menjaga nama baik perusahaan. Dan jika jawaban buruk yang diberikan, maka dapat memberikan kesan bahwa anda adalah pekerja yang buruk dan tidak bisa menerima hukuman dari kesalahan sebelumnya.

  • Jujur saat menjawab pertanyaan

Jika anda diberikan pertanyaan – pertanyaan yang cukup sulit, maka berikan saja jawaban yang jujur. Karena dengan berbicara jujur maka anda tidak perlu pusing memikirkan konsekuensinya setelah masuk kerja. Seperti misalnya jika anda ditanya tentang motivasi kerja di tempat tersebut, maka anda harus menjawab dengan jujur dan baik. Katakan jika anda sedang mencari pekerjaan baru yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Dengan demikian setiap pelamar kerja tidak akan dinilai buruk oleh pewawancara.

  • Jawablah sesuai pertanyaan yang diberikan

Hal yang satu ini perlu sekali anda perhatikan saat sedang wawancara. Jawablah wawancara yang seusai atau nyambung dengan pertanyaan yang diberikan. Dalam hal ini, banyak ditemukan para pelamar kerja menjawab pertanyaan dengan bahasa yang berbelit belit dan membuat pewawancara semakin pusing. Maka dari itu, jawablah pertanyaan wawancara sesuai dengan instruksi yang diberikan. Jika tidak disuruh untuk menjelaskan, maka jawab saja seperlunya agar anda tidak dikira pandai bersilat lidah. Namun jika dituntuk untuk menjawab pertanyaan secara detail, anda harus tarik nafas terlebih dahulu baru kemudian jawab pertanyaannya.

Baca juga :Beberapa Situs Pencari Lowongan Kerja Terpercaya Di Indonesia

Tarik nafas dalam – dalam saat akan menjawab pertanyaan wawancara dapat memberikan ketenangan fikiran, sehingga mampu menjawab dengan tegas dan jelas.

Nah, silahkan menerapkan tips-tips di atas, dan semoga sukses…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.