LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Jitu Agar Cepat Menjadi Karyawan Tetap Setelah Magang

Magang bisa dibilang sebagai masa transisi yang membawa anda dari masa menuntut ilmu menuju dunia kerja atau masa peralihan dari satu tempat kerja menuju tempat kerja yang lain. Jika jeli menangkap peluang, magang bisa saja menjadi jembatan buat anda untuk dapat bergabung menjadi pegawai tetap. Nah untuk itu, sebaiknya terapkan tips jitu agar cepat menjadi karyawan tetap setelah magang, berikut ini sebagai usaha Anda mewujudkan mimpi tersebut.

Tips Jitu Agar Cepat Menjadi Karyawan Tetap Setelah Magang :

  • Tepat waktu

Pastikan selalu datang tepat waktu setiap harinya untuk menunjukkan bahwa anda adalah orang yang disiplin dan serius dalam bekerja. Bila terpaksa harus datang terlambat karena sesuatu yang mendesak, buatlah pemberitahuan terlebih dahulu.

  • Hormati peraturan perusahaan

Jagalah tingkah laku agar tidak melanggar peraturan yang dibuat oleh perusahaan. Beradaptasilah dengan budayanya seperti cara berpakain atau cara menyapa dan berbicara dengan orang-orang di setiap levelnya.

Tips Jitu Agar Cepat Menjadi Karyawan Tetap Setelah Magang

Tips Jitu Agar Cepat Menjadi Karyawan Tetap Setelah Magang

  • Bersikap baik dengan semua orang

Bersikap baiklah pada semua orang meskipun mungkin tidak semua orang akan bersikap sama terhadap anda. Bersiaplah untuk menerima bermacam sikap dan reaksi dari rekan kerja,. Tetaplah tersenyum dan bangun rasa percaya diri anda.

  • Temukan orang yang bisa berbagi ilmu

Jangan malu untuk menanyakan sesuatu yang belum anda pahami. Akan lebih baik jika anda menemukan seseorang yang mau untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

  • Memahami situasi kapan harus diam

Ada saatnya dimana anda tidak seharusnya ikut berbicara walaupun hanya menyampaikan pendapat yang tak disengaja. Sebagai orang baru, anda mungkin bisa menyinggung orang lain jika asal bicara.

Baca juga : Hindari 11 Kesalahan Bahasa Tubuh Saat Wawancara Kerja Berikut Ini

  • Anggap magang sebagai tes kerja

Selama menjalani masa magang, atasan dan rekan kerja akan memberi penilaian kepada anda yang akan diteruskan langsung kepada HRD. Jika perusahaan puas dengan hasil kerja dan perilaku anda, bukan tidak mungkin anda akan ditawari untuk terus bekerja di sana sebagai pegawai tetap. Tentu saja setelah anda meewati beberapa proses rekruitmen seperti psikotest, wawancara dan tes kesehatan.

  • Belajar dari kesalahan

Menjadi orang baru dikantor tidak harus membuat anda takut berbuat salah karena kesalahan adalah hal yang biasa dalam proses belajar. Semakin cepat anda membuat kesalahan dan kemudian memperbaikinya, itu semakin baik.

  • Tunjukkan antusias dan kemampuan bekerja

Ambillah inisiatif untuk meminta pekerjaan tambahan jika anda yakin dapat mengerjakannya dengan baik. Manfaatkan kesempatan untuk bisa menunjukkan kemampuan anda.

  • Jujur

Tidak ada satu perusahaan pun yang menyukai seorang pembohong. Jadi jujurlah dalam setiap kata dan tindakan anda. Perlu untuk anda tahu, bahwa orang-orang terpercaya pada suatu perusahaan adalah orang yang menjunjung tinggi kejujuran.

  • Beradaptasi

Teruslah berpikiran terbuka dan beradaptasi sebaik mungkin. Kantor adalah tempat berkumpulnya banyak kepribadian yang mungkin tidak sesuai dengan anda. Jaga emosi dan jangan menanggapi sesuatu secara personal.

  • Ucapkan terima kasih

Setelah masa magang berakhir, jangan lupa mengucapkan terimakasih pada atasan dan rekan kerja karena telah banyak memberi kesempatan belajar kepada anda. Bila anda datang dengan kesan baik, maka tinggalkanlah kesan yang baik pula saat anda pergi. Tak ada salahnya jika memberi bingkisan atau kue sebagai tanda terima kasih dan pertemanan.

Baca juga : Tips Menjadi Karyawan yang Dipercayai Atasan

Nah, itulah tadi Tips Jitu Agar Cepat Menjadi Karyawan Tetap Setelah Magang yang patut anda coba. Demikian juga ketika anda berganti pekerjaan, tips di atas bisa menjadi referensi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.