LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Jitu Agar Berat Badan Kembali Ideal Pasca Melahirkan

KeluargaSamawa.com – Masalah berat badan merupakan salah satu masalah yang tergolong krusial bagi kaum hawa. Biasanya wanita akan melakukan berbagai hal untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, begitu juga bagi wanita yang telah melahirkan. Jika sebelum menikah dan melahirkan seorang wanita memiliki berat badan yang ideal ataupun porposional biasanya berat badan yang bertambah ataupun bentuk tubuh yang sedikit berubah sesudah melahirkan menghadirkan dilema tersendiri.

Agar berat badan kembali ideal pasca melahirkan setidaknya ibu bisa merencanakan program penurunan berat badan minimal enam bulan pasca melahirkan. Namun hal itu tidak menutup kemungkinan ibu membutuhkan waktu yang lebih lama. Salah satu solusi terbaik adalah diet dan olahraga ya bu. Disamping itu berikut tips yang harus ibu coba agar berat badan kembali ideal pasca melahirkan.

  1. Hindari Junkfood

Hai bu, si kecil yang lagi imut-imutnya masih membuat anda berpikir keras untuk segera mendapatkan tubuh yang ideal? Apakah anda masih berpikir diet ketat solusi terbaik saat ini? Ingat berat badan yang turun terlalu cepat juga dapat mengurangi produksi ASI. Jangan sampai si kecil jadi korban ya bu.

Agar Berat Badan Kembali Ideal Pasca Melahirkan

Agar Berat Badan Kembali Ideal Pasca Melahirkan

Salah satu cara agar berat badan kembali ideal pasca melahirkan adalah dengan mengurangi konsumsi kalori kosong. Umumnya makanan yang mengandung kalori kosong hanya penuh dengan lemak dan gula bukan nutrisi baik bagi tubuh. Mulailah dengan menghindari konsumsi junk food dan makanan serta minuman manis yang banyak ibu temui di supermarket seperti kue kering, cookies dan lain-lain.

  1. Makan Sehat

Sebaiknya ibu pasca melahirkan harus selalu sarapan pagi guna mendapatkan energi untuk beraktivitas. Sarapan juga membantu ibu untuk tidak cepat lelah karena aktivitas rumah dan merawat sikecil sudah mulai padat. Disamping itu ibu juga jangan melewatkan jam makan pada jam-jam utama. Jangan berpikir tidak makan pada jam-jam utama akan membuat tubuh ibu lebih ideal yang terjadi justru ibu kekurangan energi.

Biasakan makan 5-6 porsi kecil dengan cemilan yang mengandung nutrisi baik di antara jam makan utama seperti cemilan yang berbahan buah-buahan dan sayuran. Pilihlah makanan superfood yaitu makanan tinggi protein dan kalsium. Makanan yang mengandung protein bisa didapatkan dari daging, ayam dan berbagai jenis kacang-kacangan. Sedangkan kalsium dapat diperoleh dari susu, keju dan yogurt.

  1. Minum Air Putih

Selalu cukupi kadar air dalam tubuh ya bu dengan minum air putih 8-9 gelas per hari. Jika tubuh dehidrasi maka tubuh kita akan lebih lambat dalam membakar kalori. Tubuh yang dehidrasi juga akan membuat tubuh mudah lelah, mulut dan kulit kering, sakit kepala dan komplikasi yang lebih serius. Namun jangan minum air putih terlalu banyak sekaligus karena hal ini juga tidak terlalu baik. Sebaiknya minumlah segelas air putih ketika anda menyusui.

Baca juga : Tips Agar ASI Mau Keluar Banyak

  1. Rajin Olahraga dan Jangan Malas Bergerak

Agar berat badan kembali ideal pasca melahirkan jangan sampai malas bergerak ya bu. Tidak perlu ke gym cukup gunakan waktu luang ketika si kecil sedang tertidur lelap misalnya untuk berjalan-jalan kecil seputar lingkungan rumah. Mendapatkan udara segar diluar juga membantu ibu untuk menumbuhkan mood yang baik. Dengan bergerak tubuh juga terbantu untuk lebih kuat. Jangan lupa, tanyakan pada dokter anda kapan waktu yang tepat untuk memulai olahraga pasca melahirkan.

  1. Tidur Cukup

Tidur minimal 7 jam perhari juga merupakan langkah baik agar berat badan kembali ideal pasca melahirkan. Kabar buruknya adalah kekurangan tidur berpotensi memicu kenaikan berat badan hal ini disebabkan oleh melambatnya metabolisme.

Kekurangan tidur juga akan membuat ibu merasa lapar pada jam-jam yang tidak teratur karena tubuh membutuhkan lebih banyak makanan dari apa yang seharusnya dibutuhkan.

Baca juga : Ciri-ciri Kehamilan Yang Sehat dan Normal

Baiklah sahabat pembaca, itulah diatas beberapa tips yang dapat diterapkan agar berat badan kembali ideal pasca melahirkan. Selamat mencoba dan jangan lupa, si kecil juga merupakan prioritas utama, jadi jangan hanya fokus mengurusi berat badan saja moms.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.