Tips Ibu Hamil Muda agar Stamina dan Kesehatan Tetap Terjaga

0
222

Salah satu hal yang perlu menjadi perhatian ibu yang hamil muda adalah menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Ibu hamil muda rentan untuk mengalami masalah jika tidak hati-hati. Sebab itu, ibu hamil perlu memberi kepedulian lebih pada hal-hal tertentu. Berikut ini beberapa tips ibu hamil muda supaya selalu sehat dan berenergi.

hamil muda

Menjaga Daya Tahan Ibu Hamil Muda

Tetap Berolahraga

Agar tetap bugar ibu hamil sebaiknya tetap bergerak aktif. Olahraga ringan seperti jalan santai, yoga kehamilan, dan senam aerobik dengan tempo serta gerakan sederhana, bisa menjadi pilihan. Selain dapat menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh, berolahraga saat hamil membuat otot lebih kuat dan dapat membakar kalori. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan agar tidak mengalami kram.

Baca juga : Tips menjaga kesehatan bayi

Mencukupi Asupan Gizi

Saat hamil tubuh membutuhkan nutrisi lebih banyak. Ibu yang hamil muda memerlukan kalori yang lebih banyak. Pemenuhan gizi pada ibu hamil bermanfaat untuk menjaga energi ibu dan perkembangan janin.

Kebutuhan gizi dapat terpenuhi dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti, nasi, sereal, dan masih banyak lain. Untuk kebutuhan vitamin dapat diperoleh dari sayur, buah, daging, dan susu kehamilan.

Beristirahat

Saat hamil cukupi kebutuhan tidur, dengan tidur malam setidaknya 8 jam dalam sehari. Ditambah dengan meluangkan waktu tidur siang 10-20 menit. Hindari tidur terlalu larut malam dan minum terlalu banyak air sebelum tidur, agar kualitas dan waktu tidur tidak terganggu.

Tips Ibu Hamil Muda agar Tetap Sehat

Waspada Terhadap Paparan Rokok, Alkohol, dan Kafein

Ibu hamil harus menghindari paparan rokok, sebab rokok dapat memicu keguguran kandungan, bayi lahir lebih cepat, bayi berisiko terkena bibir sumbing, dan masalah pada plasenta. Minuman yang mengandung alkohol bila dikonsumsi ibu hamil bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, masalah tumbuh kembang, dan kemungkinan mengalami hiperaktif.

Ibu hamil yang mengkonsumsi kafein lebih besar kemungkinannya untuk mengalami keguguran. Ibu hamil harus juga mewaspadai terlalu banyak terpapar cairan pembersih, logam berat, dan pestisida. Paparan bahan kimia pada ibu hamil dapat menyebabkan gangguan pada janin.

Makan Porsi Kecil namun Sering

Nutrisi yang seimbang dan mencukupi dibutuhkan ibu hamil untuk menjaga kehamilan. Sayangnya ibu hamil muda kebanyakan mengalami mual dan kehilangan nafsu makan. Untuk menghindari kekurangan gizi, makanlah dalam porsi yang lebih sedikit namun sering. Perhatikan keseimbangan menu makan agar mencukupi kebutuhan vitamin, mineral, protein, dan karbohidrat.

Rutin Melakukan Pemeriksaan

Pemeriksaan yang perlu dilakukan ibu hamil muda antara lain kondisi kehamilan secara umum, usia kehamilan, dan pemeriksaan kromosom pada janin.

Perhatikan beberapa tanda bahaya kehamilan dan segera periksakan diri ke dokter, apabila ibu hamil mengalami pendarahan berlebih, sakit perut tidak wajar, rasa tidak nyaman ketika buang air kecil, muntah darah, demam tinggi, dan sakit lain-lain yang dirasa tidak normal.

Baca juga : Obat yang di larang saat hamil

Menjaga Kondisi Emosi dan Hindari Stres

Tips ibu hamil muda selanjutnya yaitu menjaga pikiran agar bebas dari stres supaya terhindar dari stres ibu hamil dapat melakukan meditasi dengan membayangkan tempat yang menyenangkan dan lakukan latihan pernapasan sederhana. Jauhkan diri dari hal yang dapat memicu stres, kecemasan dan pikiran negatif, agar janin dan kesehatan ibu tidak terganggu.

Ibu hamil perlu memahami bahwa kehamilan dapat berpengaruh pada kondisi hormon yang juga berpengaruh pada kestabilan emosi. Terkadang ibu hamil mungkin merasa mudah sedih atau kesal. Hal ini wajar selama tidak ada tindakan yang dapat membahayakan ibu dan janin. Untuk menghadapi kelabilan emosi, lakukan aktivitas yang menyenangkan dan cari dukungan dari keluarga.

Beberapa tips ibu hamil muda agar bisa menjaga kesehatan yaitu dengan menjaga diri agar tidak terpapar zat dan kandungan kimia berbahaya, menjaga emosi, melakukan pemeriksaan kehamilan, dan makan dengan porsi kecil. Agar lebih berenergi ibu hamil harus berolahraga, istirahat cukup, dan memenuhi kebutuhan gizi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.