LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Ibu Hamil 9 Bulan agar Kehamilan Sehat dan Persalinan Lancar

Usia kehamilan 9 bulan merupakan fase penting sebelum melahirkan. Ibu hamil mungkin akan mengalami beberapa rasa tidak nyaman di fase kehamilan ini. Di usia kehamilan ini ibu hamil perlu melakukan beberapa persiapan kondisi tubuh agar proses persalinan berjalan lancar.

Oleh karena itu, ada beberapa tips ibu hamil 9 bulan dan hal yang perlu dihindari agar proses kelahiran berjalan dengan baik. Simak ulasannya berikut ini.

masa kehamilan

Baca juga : Hukum puasa bagi wanita hamil

Hal yang Dilarang untuk Ibu Hamil 9 Bulan

Jangan Mengkonsumsi Makanan Tidak Sehat

Selama masa kehamilan, ibu hamil dituntut untuk memilah makanan yang boleh dimakan dan makanan yang dilarang. Untuk menjaga kondisi janin tetap sehat ibu hamil harus bersedia menghindari makanan yang menjadi larangan seperti makanan mentah, makanan instan, makanan yang mengandung banyak bahan kimia, kafein, alkohol, dan lain-lain.

Sangat disarankan bagi ibu hamil untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Penuhi kebutuhan gizi dengan makanan alami dan segar. Seimbangkan gizi dengan menu makan yang beragam dan tinggi nutrisi. Pola makan yang terjaga akan membuat janin dan ibu tetap sehat hingga proses melahirkan.

Melakukan Aktivitas yang Berat

Usia kehamilan 9 bulan merupakan fase yang rentan sehingga ibu perlu untuk menjaga stamina tubuh. Pada usia kehamilan ini ibu hamil perlu untuk beristirahat. Karena itu hindari aktivitas berat yang berlebihan seperti mengerjakan pekerjaan rumah tangga sendirian dan mengangkat barang yang berat.

Tips Ibu Hamil 9 Bulan agar Proses Melahirkan Berjalan dengan Baik

Lakukan Aktivitas Ringan dan Menyehatkan

Tips ibu hamil 9 bulan yang pertama adalah melakukan aktivitas yang ringan dan baik untuk kesehatan. Ibu hamil bisa berolahraga dengan melakukan jalan santai di pagi atau sore hari. Jalan santai bisa cukup dilakukan selama 10-15 menit.

Selain jalan santai ibu hamil dapat mengikuti senam kehamilan yang bertujuan menstimulasi kontraksi secara natural. Kedua aktivitas tersebut dapat membantu memperlancar persalinan.

Ibu hamil 9 bulan sebaiknya tidak terlalu sering berbaring. Lakukan aktivitas ringan dan menyenangkan. Jika tubuh tidak digerakkan maka berat badan akan semakin bertambah. Posisi berbaring saat usia kehamilan 9 bulan tidak terlalu baik bagi ibu hamil. Dibanding berbaring lebih baik bagi ibu hamil 9 bulan untuk duduk tegak, posisi ini membuat kepala bayi menekan mulut rahim yang dapat membantu proses kelahiran.

Menyiapkan Posisi Bayi

Untuk mencegah bayi lahir sungsang. Ibu hamil dapat melakukan beberapa gerakan seperti gerakan jongkok berdiri 5-8 kali gerakan, gerakan mengepel lantai, dan melakukan posisi sujud. Gerakan tersebut bertujuan untuk mengatur posisi bayi ke arah yang benar dan mengarahkan bayi ke area rongga pinggul. Lakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui posisi dan perkembangan bayi.

Atur Pernapasan

Saat usia kehamilan 9 bulan gerakan bayi dalam perut semakin sering. Ibu hamil akan sering mengalami kontraksi pendek dan ketegangan otot. Untuk mengurangi sensasi tidak nyaman yang muncul. Bernapaslah dengan perlahan dan tarik napas panjang, hal ini berguna untuk membuat otot lebih rileks.

Baca juga : Makanan menambah kesuburan untuk wanita

Berendam dalam Air

Berendam dalam air bisa dilakukan ketika terjadi kontraksi tapi belum terjadi bukaan. Berendam di air memberi efek yang melemaskan otot yang tegang. Elus bagian punggung untuk mencegah kram dan otot punggung menegang. Bila dirasa kontraksi dan otot tegang sudah berkurang, keluarlah dari air dan keringkan tubuh.

Untuk menjaga kondisi tubuh dan bayi ibu hamil tetap sehat dan prima maka ibu hamil perlu menghindari makanan yang dilarang dan tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat. Supaya proses persalinan berjalan lancar ibu hamil bisa melakukan beberapa tips ibu hamil 9 bulan yaitu mengatur napas, melakukan kegiatan ringan, berolahraga, berendam, dan membantu mengatur posisi bayi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.