LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Hemat Menggunakan Listrik

Listrik sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari, sebagian besar peralatan menggunakan energi listrik. Sehingga kebutuhan akan energi listrik selalu meningkat. Naiknya tarif listrik tentu membuat kita harus pandai-pandai berhemat dalam menggunakan listrik selain untuk mengurangi tagihan listrik juga berhemat listrik merupakan langkah untuk menjaga kelestarian lingkungan dan energi.

Berikut beberapa hal yang bisa membantu dalam menghemat listrik :

  • Sebaiknya gunakan lampu hemat energi, atau sekarang ini sudah ada jenis lampu LED selain memiliki umur yang lebih panjang, cahayanya lebih terang dan lebih hemat energiĀ  dari lampu bohlam biasa. Memang untuk harga lebih mahal.
  • Ketika akan membeli produk-prouduk alat elektronik baru pilihlah yang hemat energi seperti pilihlah TV LCD/LED, pilihlah Laptop atau notebook atau tablet dari pada PC yang memerlukan daya listrik lebih besar.
  • Gunakan peralatan elektronik dengan bijak, matikan jika sudah tidak digunakan lagi kemudian cabut jek dari sumber arus listrik.
  • Buat bukaan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik pada rumah sehingga bisa manfaatkan pencahayaan pada siang hari dari sinar matahari tanpa perlu menyalakan lampu dan untuk mendapatkan sirkulasi udara yang segar tanpa perlu menyalakan AC.
Hemat Listrik

Hemat Listrik

  • Sediakan tanki air jika menggunakan pompa air untuk penghematan waktu penggunaan pompa air.
  • Matikan lampu ketika tidak digunakan.
  • Hal yang sering kita sepelekan yaitu jangan lupa mencabut cash hp ketika tidak digunakan, karena jika charger masih nempel meskipun tidak disalurkan tetap ada listik yang mengalir walaupun kecil. Selain itu juga supaya chargernya awet tidak mudah rusak.

Terimakasih semoga bermanfaat, ada masukan dan tambahan silakan tulis dikolom komentar dibawah ini.

3 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.