Tips Hemat Dalam Menggunakan Air Di rumah

4
196

Selain berhemat listrik berhemat dalam menggunakan air juga perlu dilakukan, ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap kelestarian lingkungan dan menjaga kelangsungan bumi kita. Kebutuhan akan air yang semakin meningkat sering terjadinya kekeringan, kelangkaan air bersih yang parah disetiap musim kemarau dan sebaliknya kebanjiran melanda disetiap musim penghujan tentu ini menjadi tugas bersama yang harus di selesaikan oleh seluruh masyarakat.

Dengan menghemat penggunaan air bersih dirumah selain bisa untuk menjaga alam juga untuk menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tagihan air bersih. Maka berikut langkah-langkah dalam berhemat air :

  • Matikan keran air ketika sedang menggosok gigi, Membiakan kran mengalir sama saja kita membuang  berliter-liter air. Atau bisa juga gunakan gayung ketika mengosok gigi.
  • Periksa saluran-saluran air yang ada di seluruh rumah kita, jika ada kran yang rusak atau saluran yang bocor sekecil apapun sebaiknya segera diperbaiki. Kebocoran yang dibiarkan terus-menerus bisa mengakibatkan membengkaknya biaya air yang cukup mahal.
Hemat Air
Hemat Air
  • Tampung air bekas cucian beras, cucian sayur, air wudhu pada ember yang bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Selain lebih hemat air tersebut baik untuk kesuburan tanaman.
  • Sebaiknya gunakan ember ketika sedang mencuci motor supaya pemakaian air bisa lebih hemat dan bisa ditakar dari pada menggunakan selang.
  • Buatlah lubang-lubang biopori ditaman sekitar rumah yang sangat membantu penyerapan air kedalam tanah ketika hujan. sehingga bisa mengurangi beban air meluap ketika musim hujan.

Terimaksih semoga bermanfaat.

4 KOMENTAR

  1. menghemat air di rumah ternyata ada tipsnya juga ya mas hehehe akan saya lakukan deh biar air di rumah hemat engga boros 🙂 terimakasih infonya mas..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.