LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips dalam Menentukan Harga Jual Produk

Kesuksesan bisnis dapat diraih apabila kita mengetahui cara menentukan harga jual produk yang benar dan tepat.  Apabila anda mengalami kegagalan dalam berbisnis bisa jadi faktor utama dari kegagalan tersebut adalah pada kesalahan dalam menentukan harga. Meskipun tidak dapat dipungkiri juga, bahwa kegagalan tersebut juga diakibatkan karena faktor lainnya.

Menyadari bahwa penentuan harga produk sangat penting dalam berbisnis, berikut kami akan bagikan beberapa cara menentukan harga jual produk yang benar, yang sebaiknya anda terapkan.

Tips dalam Menentukan Harga Jual Produk :

  1. Hitunglah semua biaya untuk bahan baku produksi

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam pembuatan suatu produk diperlukan berbagai macam bahan baku. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menjumlahkan semua biaya bahan baku yang digunakan untuk produksi. Agar memperoleh harga jual yang kompetitif atau bahkan lebih murah gandari competitor, belilah bahan baku yang berkualitas namun dengan harga serendah mungkin. Hal ini dapat dilakukan dengan membelinya dalam jumlah besar dari supplier.

Tips dalam Menentukan Harga Jual Produk

Tips dalam Menentukan Harga Jual Produk

  1. Minghitung upah waktu dan tenaga kerja

Tips dalam Menentukan Harga Jual Produk berikutnya adalah dengan menghitung upah waktu dan tenaga kerja, karena tentu saja membuat suatu produk tidak terlepas dari waktu dan tenaga untuk membuatnya. Sebaiknya anda menghitung langkah apa saja yang harus dilakukan sampai suatu produk bisa dipasarkan. Selain itu anda harus memastika berapa lama waktu yang dibutuhkan agar produk itu siap untuk dijual.

Baca juga : Tips Bisnis Sukses ala Rasulullah yang Sebaiknya Kita Teladani

  1. Menentukan biaya operasional lainnya

Menentukan biaya operasional juga dapat dijadikan cara menentukan harga suatu produk. Biaya operasional di sini adalah transportasi, peralatan, dan tempat. Bagi anda yang memiliki bisnis online biaya operasional dapat berupa domain maupun hosting. Agar perhitungan semakin akurat, Anda perlu merencanakan banyaknya produk yang akan dibuat. Tentu, semakin banyak produksi, akan semakin menekan biaya operasional. Apabila semua biaya operasional sudah dihitung, Anda dapat mengetahui biaya operasional untuk setiap produknya.

Dalam ilmu ekonomi, biaya operasional merupakan fix cost yaitu biaya tetap seperti biaya tagihan listrik, gaji karyawan, sewa tempat dan telepon. Apabila ingin mendapatkan harga produk yang ideal, alangkah lebih baiknya jika Anda menekan pengeluaran untuk biaya fix cost ini.

  1. Sesuaikan Harga Jual dengan Target Penjualan yang Diinginkan

Apabila Anda sudah menghitung semua biaya diatas, langkah selanjutnya adalah menetapkan harga jual produk anda. Pada dasarkan tidak ada rumus baku dalam penentuan harga jual. Hal ini akan sangat tergantung pada target laba yang ingin didapat.

Hal yang perlu digaris bawahi adalah bahwa harga haru selalu berbanding lurus dengan kualitas  suatu barang atau produk juga kepopuleran dar brand produk itu sendiri. Anda dapat menjadikan harga competitor sebagai referensi atau membandingkannya dengan harga di pasaran (reset pasar). Harga jual juga bisa dipengaruhi oleh target pasar anda, apakah konsumen anda masyarakat menengah ke atas, tingkat pendidikan, ataupun wilayah.

Rumus sederhana yang dapat digunakan untuk sebagai cara menentukan harga suatu produk yaitu COGS (Cost of Goods Sold). Dalam rumus ini berlaku ((100%-margin)) : 100.

Baca juga : Usaha yang Cocok Ketika Pensiun

Nah demikian merupakan langkah-langkah atau Tips dalam Menentukan Harga Jual Produk. Para pebisnis menyadari bahwa hal ini akan sangat penting untuk mempertahankan keberlangsungan bisnisnya. Maka dari itu menjadi penting untuk para pelaku bisnis mengetahui cara menentukan harga suatu produk yang paling sesuai.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.