RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

Tips Cerdas saat Negosiasi Gaji bagi Fresh Graduate

Bagi seorang fresh graduate, pertanyaan yang cukup membingungkan saat interview adalah pertanyaan mengenai penawaran gaji yang akan dibayarkan. Saat menemui hal ini, biasanya respon setiap fresh graduate akan berbeda-beda satu sama lain.

Ada yang terlalu percaya diri, lalu menawarkan harga yang cukup tinggi untuk gaji mereka. Padahal, jika harga terlalu tinggi, mungkin itu bisa melebihi anggaran yang dimiliki perusahaan. Sehingga sangat mungkin, peluang diterima anda menjadi lebih kecil.

Tapi, ada juga yang terlalu minder, sehingga memberikan harga terlalu rendah bagi gaji mereka. Memang jika terlalu rendah, hal itu bisa memperbesar peluang anda diterima. Tapi, sampai kapan anda bisa bertahan dengan gaji kecil tersebut.

Tips negosiasi gaji bagi fresh graduate

Tips negosiasi gaji bagi fresh graduate

Nah, agar anda bisa mendapatkan gaji yang sesuai dengan skill yang anda miliki, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Bagaimana caranya?

Tips Negosiasi Gaji Bagi Fresh Graduate

  1. Lakukan Negosiasi jika Memungkinkan

Negosiasi ini biasanya dilakukan pada sesi wawancara. Sebelum melakukan wawancara, carilah informasi mengenai apa saja pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan. Cari tahu juga, apakah ada pertanyaan mengenai negosiasi gaji atau tidak.

Jika memang ada, barulah anda mempersiapkan strategi negosiasi yang akan dijelaskan nanti dibawah. Tapi jika tidak ada, anda bisa mempersiapkan diri untuk pertanyaan lain yang akan muncul (nanti dijelaskan dibawah). Hal ini penting, jangan sampai waktu anda habis untuk mempersiapkan sesuatu yang tidak akan ditanyakan saat wawancara.

Pada umumnya, pekerjaan seperti konsultan manejemen, pemerintahan, pekerjaan yang tidak menggunakan skill khusus, maupun pekerjaan yang membutuhkan SDM banyak, biasanya sudah ada standart gaji yang sudah ditentukan.

  1. Lakukan Riset untuk Mengetahui Standart Gaji Saat Ini

Jika informasi yang anda terima mengatakan bahwa ada negosiasi gaji, seperti yang sudah dijelaskan pada tips negosiasi gaji bagi fresh graduate diatas. Sekarang anda bisa melakukan langkah berikutnya, yaitu riset harga standart gaji untuk posisi yang anda incar.

Untuk mendapatkan informasi, anda bisa melakukannya dengan berbagai metode. Misalnya, lewat internet atau menanyakan langsung kepada orang-orang yang pekerjaannya serupa dengan pekerjaan yang anda incar.

Baca juga : Deretan Sektor Industri Dengan Gaji Terbesar di Indonesia

Sebagai tambahan (optional), anda juga bisa mencari informasi mengenai harga yang mampu diberikan oleh perusahaan. Dengan melakukan hal ini, anda bisa memperbesar peluang untuk mendapatkan gaji yang sedikit tinggi dari standartnya. Tapi tetap tidak mempengaruhi hasil penerimaan anda.

  1. Cari Alternatif Lain yang Menguntungkan Selain Gaji

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa tidak semua pekerjaan gajinya bisa dinegosiasikan. Jika anda menemui hal ini, jangan terlalu pasrah dulu. Anda masih bisa memanfaatkan ini untuk memperoleh keuntungan lainnya.

Keuntungan lain itu seperti, waktu kerja yang fleksibel, bisa mengerjakannya di rumah, jatah cutinya banyak, atau diberikan fasilitas untuk mengikuti pelatihan dan juga seminar

Yang perlu anda perhatikan adalah jumlah keuntungan alternatif yang anda tawarkan. Batas maksimal untuk mendapatkan alternatif gaji sebaiknya tidak lebih dari dua. Jadi, pilihlah 2 alternatif gaji yang paling anda butuhkan.

  1. Buktikan dengan Bekerja

Setelah anda mendapatkan gaji yang sesuai dari tips negosiasi gaji bagi fresh graduate diatas, kini anda harus membuktikannya ketika anda mulai bekerja disana.

Seiring dengan berjalannya waktu, pengalaman dan skill yang anda kuasai pun bisa semakin berkembang. Ketika ini terjadi, anda bisa mengajukan permohonan untuk penambahan gaji. Jika performa anda selalu baik, maka besar kemungkinan permohonan penambahan gaji untuk anda bisa terkabulkan.

Baca juga : Tips Jitu Agar Cepat Menjadi Karyawan Tetap Setelah Magang

Itulah beberapa tips negosiasi gaji bagi fresh graduate yang bisa anda terapkan. Mendapatkan gaji yang pantas itu adalah hak anda. Jangan sampai, biaya yang anda keluarkan ketika menuntut ilmu lebih besar daripada akumulasi jumlah gaji anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.