LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Bisnis Sukses ala Rasulullah yang Sebaiknya Kita Teladani

KeluargaSamawa.com – Menjalankan bisnis bukanlah pekara yang mudah. Tidak sedikit para pengusaha yang tidak berhasil menjalankan bisnisnya dan berujung pada bangkrut. Namun, banyak pula yang gemilang dalam mengelola bisnisnya. Dan sebagai umat muslim, tentunya salah satu figur yang bisa kita jadikan teladan dalam berbinis ialah junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Nah berikut, kami bagikan ulasan tentang bisnis sukses ala Rasulullah yang sebaiknya kita tiru.

Bisnis Sukses ala Rasulullah SAW

  1. Jujur adalah Kunci Kepercayaan Pelanggan

Dalam melakukan bisnisnya, Nabi Muhammad sangat menerapkan prinsip kejujuran ketika melayani pelanggan. Tidak heran bahwa beliau dijuluki dengan Al Amin atau yang terpercaya. Kejujuran adalah nomor satu bagi beliau, sebab aset utama untuk meraih kepercayaan para customer adalah dengan kejujuran dan apa adanya. Beliau selalu menyampaikan pada pembelinya mengenai barang yang dijualnya, apakah ada cacatnya atau tidak. Beliau selalu obyektif dengan barang dagangannya

Itulah yang membuat Nabi Muhammad memiliki banyak pelanggan yang mempercayainya. Tidak ada yang ditutup-tutupi oleh beliau dalam proses bertransaksi dengan pembelinya.

bisnis sukses ala Rasulullah

bisnis sukses ala Rasulullah

Berbeda halnya dengan yang dilakukan oleh para pedagang pada masa itu yang banyak melakukan penipuan dan praktik-praktik yang merugikan pelanggan, tidak bedanya dengan saat ini. Jika bisnis yang didasari dengan kecurangan, sudah dipastikan umurnya tidak akan lama karena tidak ada lagi kepercayaan dari pelanggan.

  1. Customer adalah Aset yang Sangat Berharga

Tips bisnis sukses ala Rasulullah selanjutnya yaitu, Rasulullah SAW. dalam melayani pelanggannya dengan sangat baik. Beliau selalu berusaha agar pembeli selalu puas dan tidak kecewa setelah melakukan transaksi dengan beliau. Dengan sabar dan sepenuh hati, Nabi Muhammad membuat pelanggan – pelangannya merasa istimewa. Rasululllah sangat membenci pedagang yang melakukan kecurangan pada pembeli karena dapat melukai perasaan si pembeli.

Baca juga : Macam-macam Bentuk Muamalah dalam Ekonomi Islam

  1. Selalu Menepati Janji

Ketika menjalankan bisnisnya, Nabi Muhammad selalu memenuhi janjinya terhadap barang-barang yang dijualnya. Apa yang sudah dijanjikan pada pembeli, selalu beliau tepati dan mengusahakan untuk yang terbaik bagi pembelinya. Nabi Muhammad tidak pernah berusaha untuk mengurangi kualitas barang kepada pembeli sehingga pembeli selalu merasa puas ketika bertransaksi dengan beliau.

Tepat janji! Merupakan strategi yang dijalankan Rasulullah untuk mendapatkan kepercayaan pembelinya. Jika satu pembeli telah puas dan percaya, tidak mustahil bahwa ia akan menyarankan pada orang lain untuk membeli pada beliau. Dengan begitu, Nabi Muhammad tidak perlu membayar tenaga sales untuk mempromosikan barangnya. Pembeli pun akan datang dengan sendirinya karena kualitas barang yang dijanjikan Nabi Muhammad selalu ditepatinya.

  1. Menerapkan Prinsip Menjemput Surga

Kebanyakan orang saat ini mengarahkan bisnisnya kepada tujuannya kepada kehidupan keduniawian dan melupakan keakhiratan. Banyak yang mencari banyak keuntungan semata dan mengabaikan etika-etika dalam berdagang.

Namun, berbeda halnya dengan yang dilakukan Nabi Muhammad. Beliau selalu menerapkan prinsip bahwa seluruh hidup harus diarahkan pada amal saleh, termasuk kegiatan bisnisnya. Sehingga, semua aktivitasnya dalam berbisnis pun, tidak lepas dari tujuan untuk memperoleh ridha Allah SWT semata dan bukan menumpuk kekayaan yang melimpah. Itulah mengapa ke-tiga prinsip diatas sangat menjadi titik tekan Rasulullah dalam menjalankan strategi marketingnya.

Baca juga : Macam-Macam Riba Menurut Ilmu Fiqh yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Cara-cara berbisnis diatas sudah dilakukan oleh Nabi Muhammad selama beliau menjalankan usahanya. Dan terbukti bahwa bisnisnya sangat sukses dan dikenal banyak orang karena caranya dalam berdagang. Jika Anda ingin meraih kesuksesan sebagaimana yang dialami Rasul, cobalah tips-tips diatas, sebab di dalam diri Rasulullah terdapat suri tauladan yang baik untuk seluruh umat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.