Tips Bijak Menghadapi Suami yang Gemar Selingkuh

Menghadapi Suami yang Gemar Selingkuh

Bagaimana cara Menghadapi Suami yang Gemar Selingkuh ? Sebagaimana yang kita tahu, saat ini kasus perselingkuhan dalam rumah tangga kian marak saja. Seakan telah menjadi tren, pelakor (perebut laki orang) maupun pebinor (perebut bini orang), banyak menghiasi pemberitaan-pemberitaan, baik di media sosial, media TV dan lainnya.

Nah, untuk para istri yang khawatir dengan kesetiaan suaminya, berikut ini kami akan bagikan beberapa tips jitu menghadapi suami yang gemar selingkuh.

Cara bijak menghadapi suami yang suka selingkuh

  • Buktikan Kebenarannya

Sebagai istri yang cerdas, jangan sampai kehilangan kendali dan asal main labrak saja ketika mendengar gosip perselingkuhan suami. Selidiki dan buktikan terlebih dahulu jika sang suami benar-benar melakukan perselingkuhan. Kumpulkan bukti-bukti tersebut sebelum mengkrosceknya secara langsung, seperti nama wanita selingkuhan, riwayat panggilan atau pesan singkat, riwayat pertemuan, foto, dan bukti-bukti fisik lainnya. Ingat Ladies, jangan sampai gosip murahan tentang perselingkuhan dapat menghancurkan kebahagiaan rumah tangga yang telah lama dibina.

  • Lakukan Introspeksi Diri

‘Tak mungkin ada asap jika tak ada api’, mungkin itulah pepatah yang tepat jika terjadi suatu perselingkuhan. Maka dari itu, sebelum sepenuhnya menyalahkan suami, alangkah lebih bijak jika kita sebagai istri juga melakukan introspeksi diri terlebih dahulu. Renungkan kembali bagaimana perlakuan dan pelayanan Anda kepada suami, apakah sudah baik atau belum. Nah, sekarang coba telusuri mengapa sang suami bisa sampai menduakanmu.

Menghadapi Suami yang Gemar Selingkuh
Menghadapi Suami yang Gemar Selingkuh
  • Komunikasikan secara Jelas dan Terbuka

Perselingkuhan sering terjadi karena ada yang salah dengan cara komunikasi di antara kedua pasangan. Sebagian besar suami berselingkuh karena tak sanggup atau tak tega mengutarakan unek-uneknya kepada sang istri, atau sebaliknya. Situasi seperti inilah yang membutuhkan ketegasan komunikasi agar tidak ada lagi kesalahpahaman.

Baca juga :Kriteria Suami yang Sholeh Menurut Islam

Cobalah untuk tenang dan ceritakan kecurigaan Anda kepada suami dengan kepala dingin. Berikan kesempatan kepadanya untuk menjelaskan semua dan persiapkan segalanya untuk mendengarkan jawabannya. Tidak semua jawaban dapat melegakan seperti yang diinginkan. Namun, ada beberapa jawaban yang justru menjadi bencana dalam rumah tangga beberapa orang.

  • Mintalah Suami Berjanji untuk Tidak Mengulanginya

Pertimbangkan segala sesuatunya dengan matang sebelum Anda membuat keputusan. Jika sang suami masih mencintai Anda dan keluarga, maka dia akan meminta maaf dan menghentikan perselingkuhan tersebut. Jika Anda masih ingin mempertahankan keutuhan rumah tangga kalian, maka taka da salahnya untuk memberikan maaf dan kesempatan kedua pada sang suami. Namun, jika memang sudah tidak ada jalan keluar dan suami tidak ingin melanjutkan bahtera rumah tangga kalian, maka tawarkanlah perpisahan.

  • Konsultasikan Permasalahan Rumah Tangga pada Ahlinya

Jangan mudah membicarakan masalah rumah tangga kepada sembarangan orang. Bukannya mendapatkan solusi, bisa jadi permasalahan rumah tangga Anda malah disebarluaskan menjadi gossip umum. Jika memang diperlukan, Anda dapat mengonsultasikan permasalahan rumah tangga dengan psikolog atau konselor pernikahan. Seorang psikolog atau konselor tersebut dapat membantu pasangan yang bermasalah dalam membangun kembali kepercayaan dalam berumah tangga.

  • Evaluasi Hubungan Rumah Tangga

Setelah melewati tahapan yang panjang untuk mengatasi perselingkuhan tersebut, kalian juga perlu mengevaluasi hubungan dalam berumah tangga. Bicarakan kembali alasan mengapa kalian memutuskan untuk menikah dan hidup bersama. Masih adakah rencana dan mimpi-mimpi yang ingin kalian wujudkan bersama? Inilah saatnya Anda dan pasangan untuk duduk bersama mengevaluasi permasalahan yang sedang melanda.

  • Buatlah keputusan yang matang

Setelah mengevaluasi hubungan rumah tangga kalian, buatlah keputusan dengan matang demi masa depan masing-masing pasangan. Jangan pernah bermain-main dalam membuat keputusan penting ini. Pikirkan baik-baik masa depan anak-anak dan keluarga yang akan dipertaruhkan.

Tanyakan pada hati kecilmu, masihkah sanggupkah mempertahankan hubungan tersebut atau tidak. jika masih sanggup bertahan dan memaafkannya kembali, kembalilah bersama dengan menerima masa lalunya selama dia berjanji akan memperbaikinya di masa depan. Namun jika sudah tidak ada keinginan untuk bertahan, yakinkan semuanya untuk berpisah jika memang hanya itulah jalan terbaiknya.

Baca juga : Tips Agar Pernikahan Langgeng Harmonis dan Romantis Sepanjang Masa

Ingat Ladies, bagaimanapun alasan dan bentuknya, perselingkuhan bukanlah hal yang benar, jadi jangan pernah membalas perbuatan bejat suami dengan hal yang sama. Nah, semoga beberapa tips Menghadapi Suami yang Gemar Selingkuh di atas dapat bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.