Tips Bertahan di Lingkungan Kerja yang Tidak Disukai

Tips Bertahan di Lingkungan Kerja yang Tidak Disukai

Terkadang, lingkungan kerja yang anda jalani tidak selalu berjalan sesuai dengan apa yang anda inginkan. Tentunya, dengan kondisi lingkungan yang seperi itu, akan  membuat pekerjaan makin terasa berat, dan menyiksa. Dan konyolnya, kita tidak melakukan tindakan apa-apa, karena tidak ada pilihan lain (demi tuntutan hidup).

Nah, agar anda dapat bertahan di lingkungan kerja yang tidak anda sukai, ada beberapa tips yang bisa anda coba agar merasa nyaman. Penasaran? Silahkan disimak.

Tips Bertahan di Lingkungan Kerja Yang Tidak Kondusif

  1. Belajar dari Karyawan Lain

Ketika bekerja di suatu perusahaan, anda tentunya tidak akan bekerja sendiri. Disekitar anda tentu ada karyawan lain yang merupakan rekan kerja anda. Jika anda merasa lingkunga kerja yang anda tempati tidak nyaman, berusahalah untuk mencari mengapa anda tidak menyukainya. Lalu cobalah untuk memperhatikan sekitar, apakah rekan kerja anda juga merasakan hal yang sama. Tanyakan bagaimana mereka mampu bertahan di lingkungan kerja yang sama dengan anda.

Tips Bertahan di Lingkungan Kerja yang Tidak Disukai
Tips Bertahan di Lingkungan Kerja yang Tidak Disukai
  1. Hindari Mengkritik

Dalam dunia kerja, seringkali terdapat ide ide atau pendapat yang mungkin bertentangan dengan anda. Untuk menghindari konflik, ada baiknya anda meredam emosi anda untuk mengkritik. lebih baik ganti kritikan tersebut dengan pertanyaan pertanyaan mengenai ide mereka. Buat pikiran mereka mengarah pada ide anda yang mungkin akan lebih baik. Menolak kritik mentah mentah akan membuat anda menjadi dibenci oleh sesama karyawan dan membuat lingkungan kerja semakin tidak nyaman. Namun jika anda menunjukkan pemikiran cemerlang anda maka bisa jadi anda akan diberi pujian oleh rekan anda.

  1. Jangan Campurkan Urusan Pribadi dan Kantor

Ketika anda sudah jenuh, jengah dan strees dengan pekerjaan di kantor, jangan sekali kali membawa pekerjaan kantor pulang ke rumah karena hal tersebut akan membuat waktu istirahat anda berkuran dan anda akan semakin stress karenanya. Dampaknya, anda mungkin akan melampiaskan kekesalan anda pada anggota keluarga yang berada dirumah. Sebaliknya, ketika anda  memiliki masalah diluar kantor, jangan sekali kali untuk membawa suasananya ke kantor. Hal tersebut akan membuat anda semakin tidak nyaman di kantor.

Baca juga : Praktekkan Prinsip Kerja Orang Jepang Ini agar Sukses Cepat

  1. Fokus pada Tujuan Anda

Saat strees mungkin anda sering melupakan tujuan utama anda bekerja dan selalu berakhir dengan menyalahkan keadaan. Tuntutlah diri anda sendiri untuk fokus dan menuliskan tujuan awal anda bekerja. Tuliskan pula orang orang yang memotivasi anda untuk tetap bekerja seperti orang tua, pasangan, atau keluarga. Yakini diri anda bahwa anda berjuang untuk membahagiakan mereka. Dengan ini, anda akan lebih semangat dan fokus untuk bekerja tanpa memandang lingkungan yang tidak nyaman sebagai beban.

  1. Jadikan Pekerjaan sebagai Tantangan

Jika anda adalah orang yang menyukai tantangan, cobalah untuk memandang lingkungan anda sebagai tantangan baru dalam hidup anda. Jadikan tempat itu sebagai tempat menyesuaikan diri yang akan membuat adrenalin anda terpacu dan lebih bersemangat.

  1. Beristirahat

Jangan perna paksa diri anda melakukan sesuatu yang membuat anda terbebani. Jika memang sudah lelah, berhentilah sejenak. Lakukan hal hal sederhana kesukaan anda seperti berjalan jalan atau sekedar ngopi. Kemudian kerjakan lagi pekerjaan anda. Sesekali pergilah untuk melakoni hobi hobi anda atau menemui beberapa teman lama yang mungkin dapat memotivasi anda. Pergilah liburan di akhir pekan atau di masa cuti dan anda akan merasa lebih segar ketika beraktifitas kembali.

Baca juga : Tips Agar Karyawan Loyal dan Disiplin Dalam Bekerja

Demikian diatas beberapa tips agar bisa bertahan di lingkungan kerja yang tidak disukai. Semoga informasi diatas bisa menjadi solusi untuk permasalahan anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.