LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips berbuka puasa yang baik

Berpuasa dibulan Ramadhan selain mendapat pahala, berpuasa juga memberikan efek yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Setelah kita berlapar-lapar puasa terkadang berkeinginan untuk makan yang banyak ketika waktu berbuka puasa telah tiba. Berbagai macam jenis makanan dipersiapkan dimeja makan mulai dari kolak, syirup, Nasi lauk pauk, gorengan. Namun pada kenyataannya baru makan sedikit perut sudah terasa kenyang.
Berbuka puasa
Berbuka puasa dengan makan sekaligus banyak bukan hanya membuat perut terasa kekenyangan juga membuat perut tidak nyaman dan membuat kita mudah lemas dan mengantuk.
Berikut tips berbuka puasa yang baik :
  • Sebaiknya makan minum yang hangat
Karena makanan atau minuman yang hangat saat berbuka puasa akan lebih ramah untuk lambung, sehingga perut tidak merasa kaget atau sakit. Sebaiknya awali berbuka dengan kurma atau makanan lain yang memiliki karbohidrat
kompleks dan sedikit manis.
  • Sebaiknya makan-makanan yang lembut

Ketika berbuka sebaiknya makanan-makanan yang lembut sehingga lambung mudah mencernanya  dan tidak kaget.  Karena kalau langsung makan yang berat lambung  akan kaget dan akan bekerja dengan berat ketika perut dalam keadaan kosong langsung diisi makanan berat. Bisa makan bubur ayam, kolek pisang dsb.

  • Makan Dengan porsi cukup dan bertahap.

Ketika berbuka tiba sebaiknya makan dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan, sebaiknya makan dengan bertahap dari maghrib tiba, kemudain dilanjutkan setelah solat magib dan setelah salat tarawih supaya perut tidak terlalu penuh dan kembung.

Terimakasih Semoga bermanfaat, ada saran dan masukan silahkan berikan komentarnya.

3 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.