Tips berbelanja dengan cermat dan tepat

2
151
 
Berbelanja merupakan kebiasaan rutin yang kita lakukan  untuk memenuhi kebutuahan kita sehari-hari, baik untuk membeli bahan pokok  sehari-hari atau barang-barang lain seperti alat-alat elektronik, handphone, pakaian, dsb.  Namun bila kita tidak memanage anggaran belanja rumah tangga dengan baik maka pengeluaran bisa lebih besar dari pada pemasukan atau kita kenal dengan istilah ungkapan “besar pasak dari pada tiang”. Maka berbelanja harus diatur dengan baik, sehingga pengeluaran bisa terkontrol dengan baik dan kita bisa menyimpan atau menabung sebagian pemasukan yang ada.
Berikut tips berbelaja atau membeli barang dengan cermat dan tepat :
  • Membuat dan membawa catatan berbelanja yang diperlukan,  hal ini penting supaya barang kebutuhan yang kita perlukan tidak ada yang lupa atau tertinggal untuk dibeli dan barang yang dibeli sesuai dengan kebutuhan.
  • Tidak membeli barang diluar dari catatan anggaran belanja yang telah ditetapkan.
  • Mendahulukan berbelanja terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendasak atau lebih diutamakan.
  • Ketika membeli barang elektronik, pakaian dsb sebaiknya kita survei harga  dan mendatangi ke beberapa toko jangan hanya terpaku pada satu toko, kita cari toko yang menawarkan harga lebih murah terhadap barang dengan merk dan kwalitas yang sama.
  • Perhatikan juga kwalitas barang yang akan dibeli, jangan hanya melihat dari harga yang murah tetapi murahan dan barang  tersebut mudah rusak atau tidak awet.
  • Mencari reverensi barang yang akan kita beli baik dari majalah atau internet dll.
  • Jangan mudah tergoda dengan diskon-diskon yang ditawarkan produsen ke konsumen.

Terimakasih semoga bermanfaat !

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.