Tips Bekerja Tanpa Stres, Bagaimana Caranya?

Tips Bekerja Tanpa Stres

Ketika perusahaan menuntut anda untuk bekerja ekstra, biasanya bukan semangat kerja yang datang namun justru sebaliknya, tekanan dan stres yang menghampiri. Strees dan pekerjaan memang merupakan suatu kesatuan yang sulit untuk dipisahkan, dan pastinya hal tersebut tidak baik bagi kesehatan. Jika anda terus memaksakan bekerja dengan kondisi strees tersebut,  tentu kesehatan anda lama kelamaan akan terganggu.

Untuk itu, mulai sekarang anda harus membiasakan untuk bekerja tanpa stres. Nah, kira-kira, bagaimana caranya?

Tips Bekerja Tanpa Stres :

  1. Buat Suasana yang Menyenangkan

Sebelum anda membenahi bagian eksternal dari pekerjaan anda, ciptakan dulu suasana menyenangkan dalam diri anda. Kuatkan niat anda untuk bekerja. Misal untuk membahagiakan keluarga atau pasangan anda. Lalu posisikan pekerjaan anda adalah pekerjaan yang paling menyenangkan sehingga anda akan bahagia ketika bekerja. Rapikan meja kerja anda, buat senyaman mungkin. Jika memungkinkan, letakkan foto orang orang yang memotivasi anda untuk bekerja hal tersebut akan menambah semangat anda dan mengurangi strees anda ketika lelah. Jalin komunikasi yang baik dengan karyawan lain agar suasana di kantor menjadi akrab dan menyenangkan.

Tips Bekerja Tanpa Stres
Tips Bekerja Tanpa Stres
  1. Mintalah Tolong

Ketika anda kesulitan atau tidak bisa melakukan sesuatu, segeralah minta tolong kepada mereka yang anda anggap mampu. Jangan memaksakan diri anda melakukan sesuatu yang anda tidak mampu karena nantinya anda yang akan kesulitan dan menjadi stress. Pastikan orang yang anda mintai tolong tidak keberatan agar anda tidak menciptakan kesan buruk terhadap oang lain.

Baca juga : Tips Bertahan di Lingkungan Kerja yang Tidak Disukai

  1. Buat Skala Prioritas

Sebelum anda meninggalkan kantor di sore hari, cobalah untuk membuat list ‘To Do List’ atau daftar pekerjaan yang harus anda kerjakan besok. Tulis secara berurutan agar anda tahu pekerjaan mana yang mendesak untuk diselesaikan dan pekerjaan mana yang dapat dilakukan kemudian. Selain membuat daftar pekerjaan, anda juga harus menyiapkan data data atau instrumen yang anda butuhkan untuk menuntaskan pekerjaan tersebut. Misalkan pekerjaan pertama yang harus anda lakukan adalah mensurvey suatu perusahaan cabang, maka anda harus menyiapkan data data terkait yang dibutuhkan. Hal tersebut akan membuat pekerjaan lebih mudah dan anda menjadi tidak strees.

  1. Rencanakan Sesuatu

Selain membuat skala prioritas secara harian, buatlah rencana masa depan yang anda inginkan dalam jangka waktu tertentu. Misalnya dalam bulan ini anda menginginkan mobil dan tas baru atau mungkin anda ingin pergi menonton film diakhir pekan. Tulis rencana rencana anda dan letakkan ditempat yang mudah anda lihat. Dengan meliha rencana rencana tersebut, anda akan terpacu untuk bekerja lebih giat dengan perasaan yang senang. Tentunya hal tersebut akan membuat anda lebih rileks dan tidak mudah strees.

  1. Disiplin

Terhadap cara 3 dan 4 anda harus menerapkan kedisiplinan. Lakukan semuanya dengan baik dan tepat waktu. Jangan sampai rencana yang anda buat justru akan kacau karena anda tidak disiplin dan malas mengerjakannya. Menunda nunda pekerjaan hanya akan membuatnya semakin menumpuk dan berakibat strees kemudian. Selain itu, pekerjaan yang anda tunda, akan menjadi hambatan bagi pekerjaan lain dan membuatnya semakin rumit. Disisi lain, anda dapat merugikan orang lain akan pekerjaan yang anda tunda. Maka, berjanjilah pada diri anda sendiri untuk menepati waktu yang telah anda buat.

  1. Jangan Memaksa

Tips terakhir adalah jangan memaksakan diri anda. Jika anda mulai lelah, maka berhentilah sejenak dan mulai lagi. Lakukan peregangan peregangan kecil yang dapat anda lakukan di meja kerja atau anda bisa keluar sebentar untuk membeli kopi atau berjalan jalan. Cara tersebut sangat efektif untuk membuat pikiran anda lebih fresh dan siap untuk bekerja lagi. Ketika anda sudah dalam masa stress dan anda sudah tidak dapat mengatasinya, ambillah cuti dan pergilah berlibur. cara tersebut akan membuat anda lebih menghargai hidup anda sehingga akan lebih bersemangat ketika memulai untuk bekerja lagi.

Baca juga : Tips Agar Karyawan Loyal dan Disiplin Dalam Bekerja

Bagaimana, tidak terlalu sulit bukan menerapkan Tips Bekerja Tanpa Stres diatas? . Selamat mencoba.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.