Tips Bagi PNS Agar Mendapat Kenaikan Pangkat dengan Cepat

0
290

Pekerjaan atau profesi sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) sepertinya masih sangat digandrungi masyarakat Indonesia. Hal itu terbukti dari banyaknya pelamar ketika pendaftaran dibuka. Nah, berbicara mengenai PNS, tak jauh beda dengan profesi lain, pastinya juga ingin mendapat kenaikan pangkat secara cepat. Dengan begitu, otomatis penghasilannya juga akan terus naik, seiring kenaikan pangkatnya tersebut.

Tips PNS Segera Naik Pangkat

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan bahwa setiap empat tahun PNS akan mendapatkan kenaikan pangkat secara otomatis. Namun seiring berjalannya waktu, sistem kenaikan itu tidak berfungsi. Sebab, sistem penilaian ini bukan diperhitungkan dari masa kerja tapi dari kinerja.

Untuk Anda yang memang mengejar kenaikan pangkat, tak usah berkecil hati. ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar target segera terpenuhi dan segera naik pangkat. Nah, berikut beberapa Tips Bagi PNS Agar Mendapat Kenaikan Pangkat dengan Cepat, yang sebaiknya anda ketahui:

  • Pahami Sistem yang Berlaku

Berdasar Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, kenaikan pangkat regular dihapus. Jika sebelumnya kenaikan berdasar pada masa kerja, maka sekarang penilaian pada kinerja.  Karena itu, mulai perbaiki diri dan olah kelebihan agar kinerja makin cemerlang.

Tips Bagi PNS Agar Mendapat Kenaikan Pangkat dengan Cepat
Tips Bagi PNS Agar Mendapat Kenaikan Pangkat dengan Cepat
  • Kejar Prestasi

Percayalah bahwa prestasi bisa dikejar dan tidak ada usaha yang sia-sia. Misalnya mulai menganalisa hal-hal yang kurang, dan dikejar untuk diperbaiki. Salah satu contohnya, pemerintah sedang berupaya membenahi pelayanan ke masyarakat. Bila Anda melakukan terobosan yang bertujuan baik, maka tentu saja Anda dan tim bisa menjadi PNS berprestasi.

  • Capai Angka Kredit yang Dibutuhkan

Cara cepat agar PNS mendapat kenaikan pangkat adalah memenuhi angka kredit yang telah ditentukan. Jika tidak terpenuhi, Anda bisa menambah dengan mengikuti seminar, diklat, workshop dan sebagainya, sesuai bidang Anda.

  • Tambah Gelar Pendidikan

Tips ini cocok untuk Anda yang gemar menimba ilmu. Sebab salah satu cara cepat mendapatkan kenaikan pangkat adalah dengan menambah gelar pendidikan. Tips ini sampai sekarang dianggap menjadi cara cepat PNS naik pangkat yang paling ampuh.

  • Cobalah Berkarya

Cara cepat agar PNS mendapat kenaikan pangkat lainnya adalah dengan berkarya. Misalnya PNS guru yang berhasil menelurkan karya berupa buku sehingga dapat dimanfaatkan oleh siswa-siswinya. Cara ini digadang-gadang bisa membuat Anda cepat naik pangkat.

  • Eksplorasi Kelebihan dan Keterampilan

Selain mengejar prestasi dan membuat karya, jangan lupakan keterampilan dan kelebihan yang Anda punya. Jangan ragu untuk mengeksplornya. Misalnya Anda jago berbahasa asing, maka jangan sembunyi ketika lingkup pekerjaan membutuhkan keterampilan itu meski bukan jobdesk Anda.

  • Miliki Hubungan Baik dengan Rekan dan Atasan

Tidak ada salahnya menjalin hubungan baik dengan rekan kerja hingga atasan. Hal ini rupanya juga bisa melancarkan target Anda untuk segera naik pangkat. Sebab, atasan maupun rekan kerja bisa mempromosikan Anda untuk naik pangkat.

  • Tidak Melanggar Peraturan

Meski semua hal seperti prestasi, kinerja, dan keterampilan diakui rekan kerja tapi akan menjadi masalah bila attitude Anda tidak mendukung. Setidaknya Anda harus menghindari untuk tidak melanggar aturan kepegawaian.

Baca juga : Tips Agar Mencintai Pekerjaan dan Bekerja dengan Penuh Semangat

Demikian diatas beragam Tips Bagi PNS Agar Mendapat Kenaikan Pangkat dengan Cepat yang perlu Anda ketahui. Optimis dan terus berada di jalur yang benar. Dengan begitu, sistem penilaian yang berdasar pada kinerja itu dengan mudah bisa Anda atasi. Selamat berproses menjadi lebih baik dan menjadi PNS terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.