LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Ampuh Agar Bangun Sahur Anda Tidak Telat

Sahur tentu menjadi hal penting bagi siapa saja yang menjalankan ibadah puasa terutama di bulan Ramadhan, agenda rutin ini kadang sering terlambat dilakukan atau bahkan terlewat dan akhirnya berpengaruh pada kondisi tubuh dan mood anda selama seharian. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, berikut kami bagikan beberapa Tips Ampuh Agar Bangun Sahur Anda Tidak Telat.

  1. Tidur Lebih Awal

Tidur lebih awal dari waktu tidur yang biasa dilakukan mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang sulit karena jam biologis anda tidak biasa melakukannya tetapi bila tidak ingin waktu sahur menjadi terlambat bahkan terlewat, mau tidak mau anda harus mengusahakan untuk tidur lebih awal.

Agar anda bisa tidur lebih awal, usahakan untuk melakukan aktifitas yang produktif selama berpuasa, seperti tetap aktif bergerak meski puasa, atau olah raga ringan saat sore hari. Selain itu anda juga harus menahan diri untuk tidak bermain gadget menjelang waktu tidur sehingga rasa lelah akan datang saat malam hari dan bisa tidur lebih awal dengan nyenyak.

Dengan begitu, saat waktu sahur tiba anda bisa bangun tepat waktu karena tubuh telah istirahat dengan cukup.

Tips Ampuh Agar Bangun Sahur Anda Tidak Telat

Tips Ampuh Agar Bangun Sahur Anda Tidak Telat

  1. Hindari Menunda Alarm Ketika Sudah Berbunyi

Tips Ampuh Agar Bangun Sahur Anda Tidak Telat selanjutnya yaitu saat alarm berbunyi kebiasaan pertama yang biasa anda lakukan adalah menekan tombol tunda kemudian tidur kembali. Hal sepele ini tentu harus anda hindari bila tidak ingin waktu sahur anda berubah menjadi kacau karena harus makan tergesa-gesa atau bahkan anda akan bangun ketika matahari sudah muncul. Itu sebabnya saat alarm berbunyi pastikan anda langsung mematikannya agar tidak tergoda untuk tidur kembali.

  1. Jangan Minum Minuman Berkafein Sebelum Tidur

Minuman berkafein sangat berpotensi untuk membuat anda sulit tidur, itu sebabnya atur waktu ngopi anda misalnya 1-2 jam setelah lepas waktu berbuka dan usahakan untuk mengatur takaran kopi yang anda minum agar tidak berlebihan misalkan cukup dengan gelas berukuran 30ml selain itu hindari jenis kopi yang bisa membuat anda terjaga lebih lama.

Baca juga : Hukum Puasa Bagi Wanita Hamil dan Menyusui Menurut Para Ulama

  1. Olahraga Teratur

Olahraga tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat tetapi menjadi salah satu cara agar tubuh bernafas dengan cara yang benar. Olahraga saat puasa bisa anda lakukan saat sore hari menjelangan waktu berbuka dengan cara sederhana seperti bersepeda keliling kompleks rumah, jalan cepat, atau lari-lari kecil. Melakukan latihan olahraga rutin bisa mampu memberikan dorongan energi sehingga membuat tubuh lebih cepat untuk beristirahat.

  1. Membuat Daftar Menu Sahur Harian Atau Mingguan

Membuat daftar menu Sahur sesuai makanan favorit tentu akan membuat moment sahur menjadi menyenangkan dan membuat anda lebih bersemangat untuk bangun. Sebagian orang sering melupakan menu sahur dan tidak merencanakannya, sehingga saat sahur bingung makanan apa yang hendak dimasak hal ini bisa menjadi salah satu faktor menurunnya semangat dan gairah anda untuk bangun sahur.

Daftar menu sahur bisa anda buat satu hari sebelumnya atau bila memungkinkan rencanakan selama seminggu penuh tetapi bila anda sedang malas memasak ada beberapa menu yang baik untuk sahur dengan cara masak yang sederhana seperti buah, sereal, yoghurt, dan roti gandum.

  1. Membuat Janji Makan Sahur Bersama Keluarga Atau Teman

Makan sahur bersama mampu memotivasi diri untuk bangun tepat waktu karena anda tidak ingin mengecewakan orang lain, tubuh akan merangsang keinginan otak dan membiarkan anda terbangun bahkan sebelum alarm berbunyi karena ada respon yang terjadi secara alami. Makan sahur bersama bisa anda jadwalkan dengan teman, tetangga, keluarga atau calon pasangan anda.

  1. Memikirkan Hal Menyenangkan Sebelum Tidur

Menjelang waktu tidur cobalah untuk memikirkan hal-hal yang menyenangkan dan memotivasi anda untuk ingin segera bertemu hari esok, seperti bertemu dengan teman kantor atau sahabat, membeli barang atau sesuatu yang lama anda inginkan, dan hal positif lain yang mampu memotivasi anda.

Baca juga : Fakta Bila Puasa Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

Hal ini baik untuk mengubah cara pandang anda terhadap bangun saat dini hari sehingga anda tidak enggan untuk bangun bahkan melewatkan waktu sahur. Nah, semoga beberapa Tips Ampuh Agar Bangun Sahur Anda Tidak Telat yang kami bagikan diatas bisa bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.