LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips aman tinggalkan rumah saat mudik

Alhamdulillah sobat-sobat keluargasamawa.com puasa sudah berjalan beberapa hari, mudah-mudahan lancar semua dalam menjalankan ibadah puasanya pada tahun ini. Bagi yang berencana mudik tentunya harus dipersiapkan jauh-jauh hari sehingga bisa mudik untuk bersilaturahmi dengan keluarga tercinta dikampung halaman sesuai dengan yang kita harapkan.

Baca juga : Hal Yang Dipersiapkan Ketika Akan Mudik Lebaran

Tips aman tinggalkan rumah saat mudik

Tips aman tinggalkan rumah saat mudik

Ketika kita akan mudik lebaran ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika rumah kosong ditinggal mudik supaya aman dan tidak terjadi sesuatu yang tidak inginkan. Karena rumah yang kosong bisa menjadi incaran para oknum tidak bertanggung jawab ketika menjelang musim mudik lebaran tiba.

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik :

  • Pertama yang harus diperhatikan terlebih dahulu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran. Pastikan alat-alat elektronik dicabut dari stop kontak selain supaya tidak menyedot aliran listrik dan menghindari dari kosleting listrik. Periksa tabung gas LPG rapat dan tidak bocor. Pastikan pompa air dimatikan dan kran-kran air dalam keadaan ditutup.
  • Pastikan semua pintu, jendela dan lemariĀ  terkunci dengan baik dan benar.
  • Mintalah bantuan tetangga yang dipercaya untuk menjaga dan mengawasi rumah kita, berikan kunci cadangan dan mintalah untuk mematikan dan menyalakan lampu kamar supaya rumah berkesan ada yang menghuni. Tinggalkan nomer kita dan minta nomer hp tetangga supaya bisa menayakan keadaan rumah dan bisa dihubungi jika ada keadaan mendesak. Sebagai jasa terimakasih berikan oleh-oleh atau uang sebagai jasa.
  • Lapor kepada kepada petugas keamanan atau ketua RT setempat bahwa kita akan mudik lebaran.
  • Untuk sementara berhentilah dalam berlanggan sesuatu seperti koran, majalah, makanan dan yang lainnya.
  • Kondisikan rumah sebelum ditinggal seakan-akan berpenghuni.
  • Jika mempunyai dana lebih, sekarang sudah ada teknologi CCTV yang bisa memantau kondisi rumah jarak jauh dari smartphone melalaui jaringan koneksi internet.

Terimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.