LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips aman meninggalkan rumah untuk mudik lebaran

Tips aman meninggalkan rumah untuk mudik lebaran

Jika seluruh keluarga  sobat-sobat tipsh4re akan mudik lebaran, jangan meninggalkan rumah kosong begitu saja. Rumah yang kosong yang di tinggal mudik rentan menjadi sasaran empuk untuk para pencuri, perampok atau maling. Karena dari kejadian tahun-tahun sebelumnya dan sering di beritakan di media masa terjadi pencurian sehingga seluruh isi rumah raib begitu saja setelah ditinggal mudik begitu saja. Maka berikut tips yang harus dilakukan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik lebaran :
  • Melapor kepada petugas keamanan yang bertugas atau kepada ketua RT setempat sebelum ditinggalkan untuk mudik.
  • Menitipkannya pada teman, kerabat dekat atau tetangga. Minta tolong mereka untuk mengecek keadaan rumah Anda setiap harinya, mulai dari memberi makan hewan peliharaan, menyiram tanaman, dan sebagainya. Berikan juga nomor telepon dan alamat tempat tinggal selama Anda mudik agar teman atau kerabat mudah menghubungi jika ada sesuatu yang darurat. Dan jangan lupa berikanlah uang atau oleh-oleh sebagai tanda terimakasih sehingga tetangga akan merasa lebih senang.
  • Jangan terlalu mengumbar informasi tentang keinginan untuk mudik di internet. Karena dengan mudah berbagi informasi pribadi di dunia maya tanpa menyadari, mungkin ada ratusan orang asing di luar sana yang mengintai sobat-sobat. Ketika tahu tidak ada satupun orang, rumah Anda pun bisa menjadi sasaran empuk tindak pencurian.
  • Buka sedikit tirai jendela dirumah anda sebelum pergi mudik, biasanya Anda akan menutup tirai jendela untuk mencegah orang mengintip dari luar dan berbuat jahat. Tapi tak hanya orang jahat, tirai yang tertutup juga menghalangi orang-orang yang berniat membantu  tetangga, satpam, teman, polisi untuk memeriksa keadaan dalam rumah Anda. Tirai yang tertutup selama lebih dari tiga hari juga mengindikasikan rumah tersebut kosong sehingga bisa mengundang kriminal untuk masuk. Sebaiknya biarkan tirai jendela sedikit terbuka seperti Anda sedang di rumah. Tapi sebelumnya pindahkan dulu barang-barang berharga atau elektronik dari tempat yang mudah terlihat dari jendela luar. Simpan di kamar atau ruangan lain yang sulit terjangkau pandangan mata dari luar.
  • Matikan dan cabut stopkontak listrik televisi, komputer, oven atau perangkat elektronik lain untuk menghindari kenaikan daya listrik yang bisa menyebabkan korsleting. Mencabut steker listrik juga salah satu langkah untuk hemat energi. Asal Anda tahu, banyak perangkat elektronik yang tetap menyedot daya listrik meskipun sudah dimatikan, karena stekernya tidak dicabut.
  • Tutup tabung dengan rapat tabung gas kompor listrik utuk menghindari terjadinya kebocoran gas yang bisa mengakibatkan kebakaran.
  • Matikan atau tutup seluruh kran air supaya air tidak luber dan tidak terbuang percuma. 
  • Jika berlanggan koran atau majalah maka ketika akan meninggalkan rumah maka berhenti dulu untuk berlanggan majalah atau koran supaya tidak menumpuk.

Terimakasih semoga bermanfaat, dan selamat bermudik lebaran.

One Response

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.