LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Aman Ketika Akan Berbelanja Online

Maraknya situs-situs penjualan online sekarang ini, sehingga kita perlu lebih waspada dan hati-hati ketika hendak membeli barang disitus penjualan online. Ditengah kesibukan sekarang ini memang berbelanja online bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan barang yang kita inginkan dengan mudah, tanpa harus capek-capek keliling keluar masuk dari satu toko ketoko lain, tidak terjebak macet dari padatnya lalu lintas diperkotaan.

Namun ketika berbelanja online harus memperhatikan beberapa hal supaya kita tidak menjadi korban penipuan :

Belanja online

 

Nah pada kali ini akan berbagi tips aman berbelanja online :
  • Sudah dikenal masyarakat
Pertama yang harus diperhatikan situs belanja online tersebut pilihlah yang sudah dikenal dan dipercaya oleh masyarakat. Kita bisa lihat dari testimoni pelanggannya yang sudah berbelanja online, dari proses pembayaran sampai proses pengirimannya dsb.
  • Domain yang digunakan
Kemudian kita lihat domain situs jual beli yang digunakan misalnya .co.id atau .com, penggunaan domain co.id biasanya lebih terpercaya karena domain co.id adalah domain resmi dari Indonesia sehingga penggunaannya memerlukan beberapa persyaratan tentang perusahaannya sehingga jelas kepemilikaannya dan jika toko online tersebut melakukan penipuan lebih mudah di tindak lanjuti oleh pihak yang berwajib. Meskipun toko online juga banyak yang menggunakan .com pilihlah yang sudah terpercaya.
  • Kontak yang digunakan
Lihatlah kontak yang digunakan, pilihlah situs yang mencantumkan No. telphone yang bisa dihubungi, karena no telphone yang akan selalu tetap dan tidak mudah untuk diganti-ganti, tidak seperti no handphone. Kemudian juga terdapat alamat lengkap kantor perusahannnya.
  • Profil perusahaan
Perhatikan juga profil perusahaan dari toko online yang digunakan, untuk memastikan bahwa perusahan tersebut mempunyai latar belakang yang baik dan terpercaya.
  • Cara pembayaran dan Jasa pengiriman
Perhatikan juga cara pembayaran yang digunakan kelengkapan instansi pembayaran yang digunakan, serta pengeriman barangnya menggunakan jasa yang dipercaya supaya barang yang kita pesan sampai ke rumah dalam kondisi yang baik, tidak rusak atau cacat.
Terimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.