LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips aman berkendara sepeda motor saat hujan

Musim hujan telah tiba, hujan merupakan anugrah dan rezeki dari Allah yang mestinya kita syukuri, tanaman menjadi subur, ketersediaan air tercukupi, cuaca menjadi dingin, namun masih banyak juga yang malah terkena musibah banjir, longsor saat hujan. 
Memangsih aktivitas-aktivitas rutin yang bisa kita lakukan agak sedikit tergangu ketika hujan turun, namun hujan bukan menjadi alasan dan rintangan untuk berhenti beraktivitas. walaupun hujan memang lebih merepotkan tapi tetapkan harus berangkat ke tempat kerja.
Jika sobat-sobat tipsh4re yang suka bepergian dengan sepeda motor, maka berikut tips-tips yang harus diperhatikan ketika bersepeda motor ketika sedang turun hujan, karena ada beberapa faktor yang tidak seperti dimusim kemarau diantaranya : sudut/jarak pandangan yang kurang jelas, cuaca dingin, jalanan yang licin, dan motor mogok dll. 
Tips aman berkendara motor saat hujan :
Perhatikan kondisi ban
Perhatikan kondisi ban  apakah sudah halus atau belum, sebaiknya segera ganti ban luar motor jika sudah halus karena pada saat musim hujan ini ban akan licin tidak nyaman saat berkendara.
Periksa kondisi rem
Periksa juga kondisi rem depan dan belakang masih ok, dan juga jaga jarak dengan kendaraan lain ketika sedang berkendara sehingga pengeraman bisa lebih stabil, bisa mengurangi kurang pakemnya rem karena air hujan dan bisa mengurangi pengereman secara mendadak.
Gunakan jas hujan model celana dan baju.
Sebaiknya ganti model jas hujan lama berkleweran karena bisa menyangkut pada jari-jari roda motor dan bisa mencelakakan pengguna, ganti dengan model baju dan celana yang lebih simpel dan aman digunakan saat berkendara sepeda motor.
Jangan terlalu cepat saat berkendara
Disamping jalan yang licin saat musim hujan, kemudian untuk menghindri jalan yang berlubang sebaikyna jalannya jangan terlalu cepat dan lebih berhati-hati.
Sedia kantong plastik.
Jangan lupa membawa kantong plastik untuk menimpan dompet, barang-barang elekronik seperti hp, dll untuk menghindari basah karena air hujan.
Istirahat ketika ngantuk dan capek
Sebaiknya jika merasa capek dan ngantuk berhenti untuk istirahat terlebih dahulu.
Terimakasih semoga bermanfaat.

2 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.