LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Ajarkan Anak Sopan Santun Sejak Dini

Keluargasamawa.com – Sopan santun merupakan hal yang harus diterapkan pada anak sejak dini sehingga kelak anak akan menjadi pribadi yang baik dan tentu orang tua akan senang jika melihat anak yang berprilaku sopan, santun, baik, manis terhadap orang yang lebih tua.
Sopan santun

Sopan santun

Maka perlu adanya pembiasaan dan dilatih sejak dini :

  • Mulai sejak kecil, jangan pernah membiarkan anak berbuat semaunya sendiri dan tidak sopan terhadap orang lain dan dengan beralasan bahwa anak masih kecil jadi masih wajar, tetapi kita harus biasakan dengan hal-hal yang sederhana terlebih dahulu seperti mengucapkan “salam”, mengucapkan kata-kata “terimakasih” ketika mendapat sesuatu dari orang lain, “Permisi”, “maaf” dsb. Sehingga nantinya akan tumbuh dengan sendirinya dari kebiasaan-kebiasaan berperilaku sopan dan santun dalam sehari-hari.
  • Ajarkan sikecil untuk pamit kepada orang tua jika hendak berangkat kesekolah dengan mencium tangan orang tua.
  • Berikan contoh yang baik. Masa anak adalah masa mencotoh hal-hal dari apa yang anak lihat dan didengarnya. Baik kebiasaan orang tua dan lingkunganya, maka berikan contoh sopan santun yang baik, sehingga akan ditiru oleh sikecil.
  • Mengajarkan anak untuk berperilaku sopan dan santun perlu kesabaran dan harus dilakukan secara bertahap. Maka tidak perlu dengan memarahi sianak jika anak tidak langsung mengikuti kemauan orang tua tetapi yang terpenting yaitu selalu konsisten dengan mengingatkan sianak jika sianak melakukan perbuatan yang dirasa tidak sopan dan tidak pantas untuk dilakukan.

    Terimaksih semoga bermanfaat.

2 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.