Tips Ajarkan Anak Sopan dan Hormat Terhadap Orang Tua

Memiliki anak memang dambaan bagi setiap pasangan yang telah menikah. Namun, memiliki anak dengan sifat terpuji menjadi kebanggan tersendiri bagi setiap orang tua. Dan diantara sikap terpuji anak yang selalu diharapkan oleh orang tua adalah sikap sopan serta hormat kepada yang lebih tua.

Sikap sopan dan hormat tersebut bisa terbentuk dengan bantuan dari orang yang mengasuhnya, termasuk orang tua itu sendiri. Namun, dua hal tersebut bukanlah suatu hal yang bisa dipaksakan, dan bisa langsung spontan Anda terapkan, pada buah hati anda. Perlu teknik-teknik khusus yang bisa digunakan supaya anak menjadi terbiasa bersikap sopan dan hormat tanpa adanya unsur keterpaksaan ataupun tekanan.

Berkaitan dengan hal tersebut, berikut kami kami sampaikan beberapa tips yang dapat Anda ikuti agar Anda lebih mudah mengajarkan sikap sopan dan hormat pada buah hati anda.

  1. Biasakan Anak untuk Berkata Sopan dan Hormat Sejak Dini

Membiasakan anak untuk berkata ataupun bersikap sopan dan hormat sejak dini bisa menjadi salah satu cara membentu kepribadian yang baik pada anak. Sehingga jika anak menyimpang, anak dapat dengan mudah menyadari kesalahannya.

Tips Ajarkan Anak Sopan dan Hormat Terhadap Orang Tua

Tips Ajarkan Anak Sopan dan Hormat Terhadap Orang Tua

  1. Berikan Contoh dengan Menghormati dan Bersikap yang Sopan pada Anak

Jangan hanya menuntut anak untuk bersikap sopan dan hormat saja, tetapi Anda sebagai orang tua sebaiknya juga memberikan contoh yang baik, karena bagaimanapun anak adalah ‘plagiator’ dari tindak tanduk orang tuanya.

  1. Bersikaplah Tegas pada Anak dan Berikan Alasannya

Jika Anda menemukan anak telah melakukan kesalahan, tegurlah anak Anda dengan tegas, dan berikan alasannya mengapa anak tidak boleh bersikap demikian. Sehingga anak Anda paham bahwa perbuatannya itu salah sekaligus mengetahui alasannya mengapa perbuatannya dikategorikan sebagai perbuatan yang salah.

  1. Biasakan Meminta Tolong pada Anak, Meminta Maaf pada Anak dan Berterima Kasih pada Anak

Kata ‘tolong’, ‘minta maaf’ dan ‘terima kasih’ ini biasanya sering dilupakan oleh orang tua. Padahal tiga kata tersebut memiliki efek yang luar biasa. Dengan meminta tolong pada anak, anak tidak akan sembarangan menyuruh orang lain.

Demikian juga jika anak bersalah, anak akan lebih mudah meminta maaf jika Anda juga bisa membiasakan kata-kata ini, yang secara tidak langsung akan membuat anak tidak malu untuk mengakui kesalahannya.

Demikian juga dengan terima kasih, supaya anak Anda lebih mudah menghargai pemberian ataupun jasa orang lain. Dan jangan lupa untuk mengajarkan tiga kata ini dengan pengucapan yang sopan juga.

  1. Pantau Terus Perkembangan Anak

Bertemu dan berteman dengan orang yang baru di setiap perkembangannya bisa saja mempengaruhi sang anak, termasuk perilakunya. Dan sebagai orang tua, sudah selayaknya Anda memantau terus perkembangan sang anak.

Bukan membatasi tingkah lakunya, hanya saja Anda perlu memantau bagaimana perilaku anak sehingga Anda dapat dengan mudah mendeteksi jika ada perubahan yang negatif pada anak. Jangan hanya memantau, tetapi kembali arahkan anak pada hal yang benar dengan disertai alasannya.

Oke, itulah tips tentang mengajarkan anak agar sopan dan hormat pada orang tua. Semoga dengan menerapkan tips-tips di atas, buah hati anda menjadi anak yang sopan dan selalu hormat terhadap orang tua.

Leave a Reply