Tips Agar Pernikahan Langgeng Harmonis dan Romantis Sepanjang Masa

0
11

Sebelum mengikat tali pernikahan bersama dengan pasangan yang Anda cintai, pastinya Anda akan membangun komitmen bersama untuk menjalani kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan. Bahkan keinginan untuk menikah itu sendiri timbul akibat harapan untuk dapat hidup bersama selamanya.

Tetapi seiring berjalannya waktu, semua orang yang menjalani pernikahan pasti akan mengalami banyak gonjang ganjing kehidupan. Banyak pasangan yang akhirnya putus asa dalam menghadapi masalah rumah tangga, lalu memilih untuk berpisah/cerai sebagai jalan keluar terakhir.

Nah bagaimana sih caranya agar hubungan pernikahan Anda bisa terus harmonis sepanjang waktu meski dihujani berbagai rintangan dan cobaan ? Berikut, adalah beberapa tips pernikahan langgeng yang dikumpulkan dari saran para psikolog dan terapis pernikahan. Ingin tahu?

Tips Agar Pernikahan Langgeng Sampai Masa Tua Menjelang

  • Menjaga komunikasi

Menjaga komunikasi dalam sebuah hubungan apapun itu sangatlah penting. Tidak hanya hubungan suami istri, bahkan pacaran atau pertemanan saja kalau komunikasi tidak dibangun atau dijaga dengan baik pasti akan menimbulkan kerenggangan. Itulah sebabnya komunikasi sangatlah penting.

Tips Agar Pernikahan Langgeng
Tips Agar Pernikahan Langgeng

Komunikasi menjadi point nomor satu dalam sebuah ikatan. Ketika Anda berkumpul bersama pasangan dalam segala moment, berceritalah mengenai sesuatu yang Anda alami hari ini atau kemarin. Baik itu kejadian baik, buruk, lucu maupun kejadian yang konyol.

Sebuah cerita bisa menjadi jembatan komunikasi yang hangat antara Anda dan pasangan. Dari cerita inilah nantinya akan timbul obrolan-obrolan hangat dan mungkin obrolan lucu yang akan membuat Anda dan pasangan tertawa bersama.

Pastikan Anda mengungkapkan segala sesuatu yang muncul dalam pikiran Anda. Entah itu adalah sebuah pertanyaan pada pasangan, kekesalan, ketidaksukaan, kecemburuan atau bahkan kemarahan. Jangan biarkan Anda memendam semua itu hanya dalam hati. Ini akan menimbulkan ledakan berbahaya pada suatu hari nanti ketika hati Anda tidak sanggup untuk menyimpannya lagi.

  • Perbanyak kontak fisik

Tidak ada yang bisa melarang Anda untuk melakukan kontak fisik dengan pasangan sah. Kontak fisik dipercaya dapat mempererat hubungan Anda dengan pasangan. Semakin sering Anda bersentuhan akan semakin kuat ikatan batin yang terjalin.

Peganglah tangan pasangan Anda ketika sedang jalan-jalan atau ketika santai menonton TV bersama. Berikan ciuman singkat ketika hendak berpisah untuk berangkat bekerja.

Meski Anda sudah memiliki buah hati, tetaplah lakukan kontak fisik dengan pasangan, jangan justru menguranginya dengan alasan tidak ingin dilihat anak. Justru keromantisan Anda beserta pasangan akan membuat anak melihat keeratan hubungan kedua orang tuanya.

  • Quality time

Terkadang kesibukan dalam menjalani aktivitas pekerjaan membuat waktu Anda untuk bertemu dengan pasangan menjadi semakin kecil. Sebenarnya itu bukanlah masalah yang besar.

Dalam hubungan, yang terpenting adalah kualitas pertemuannya bukan kuantitasnya. Sering bertemu dengan pasangan tapi hanya sibuk dengan gadget masing masing tanpa ada komunikasi atau tanpa saling menatap satu sama lain apa gunanya?

Pernikahan Harmonis dan Romantis Sepanjang Masa
Pernikahan Harmonis dan Romantis Sepanjang Masa

Walau hanya bertemu di malam hari sebelum tidur asalkan terjadi kontak mata dan kontak fisik yang disertai dengan obrolan ringan maka waktu yang singkat itu akan sangat berpengaruh dalam hubungan Anda.

Bangunlah di pagi hari di waktu yang sama dengan pasangan agar Anda bisa membangun kerja sama dalam menyiapkan santapan sarapan pagi hari. Kalau Anda merupakan pasangan muslim, maka shalat subuhlah dengan berjamaah.

Bagi Anda seorang pria yang sudah memiliki buah hati, maka bantulah istri Anda yang sibuk menyiapkan sarapan untuk mempersiapkan segala keperluan si kecil, seperti memandikan, mengenakan pakaian, mendandani dan menyiapkan hal lainnya. Walaupun pertemuan di pagi hari sangatlah singkat, namun jika diisi dengan aktivitas bersama maka waktu yang Anda jalani akan memiliki kualitas.

Baca juga : Ciri-ciri Istri Solehah Menurut Islam

Nah itulah tadi beberapa tips agar pernikahan langgeng dan dapat bertahan dengan keromantisan sepanjang masa. Semoga tips tips di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.