Tips Agar Kuat Berpuasa Bagi Pekerja Berat

0
12

Tips Agar Kuat Berpuasa Bagi Pekerja Berat – Sebagai orang yang beriman hendaknya selalu menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah, termasuk puasa.  Maka dari itu, bekerja berat tidak bisa dijadikan sebagai alasan untuk tidak menjalankan puasa. Alasannya karena banyak sekali pahala yang bisa anda dapatkan selama beribadah puasa, dan tentunya karena puasa Ramadhan termasuk salah satu rukun Islam, yang wajib dijalankan.

Bagi anda yang selama ini masih merasa berat dalam menjalankan ibadah puasa karena terhalang pekerjaan yang berat, ada baiknya simak tipsnya berikut ini.

Tips Supaya Kuat Puasa Untuk Pekerja Berat

  1. Minum Banyak Air

Salah satu tantangan terbesar bagi pekerja berat ketika menjalankan puasa adalah merasa haus, apalagi ketika cuaca sedang panas-panasnya. Sebenarnya rasa haus tersebut adalah tanda bahwa tubuh sedang kekurangan cairan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka hendaknya anda minum lebih banyak air ketika waktu berbuka puasa dan juga saat sahur tiba. Agar ketika bekerja nanti anda lebih kuat dan tidak merasa haus secara berlebihan.

  1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Ketika bekerja berat, maka tenaga anda akan cepat terkuras dan akhirnya anda lemas dalam menjalankan aktivitas kerja. Untuk mengatasi hal tersebut, maka hendaknya anda mengkonsumsi makanan yang bergizi agar kebutuhan tenaga anda dapat terpenuhi, sehingga anda akan lebih kuat dalam menjalankan aktivitas kerja yang berat sampai waktu berbuka puasa tiba.

Tips Agar Kuat Berpuasa Bagi Pekerja Berat
Tips Agar Kuat Berpuasa Bagi Pekerja Berat
  1. Mengkonsumsi Makanan Yang Kaya Serat

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa makan makanan yang mengandung serat memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Apalagi ketika anda berpuasa, mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat akan membawa banyak manfaat salah satunya adalah melancarkan sistem pencernaan, sehingga makanan yang konsumsi bisa dicerna dengan baik oleh tubuh, sehingga akan menghasilkan tenaga yang cukup untuk anda beraktivitas nanti.

  1. Mengkonsumsi Minuman Isotonik

Ketika berpuasa maka tubuh akan banyak kekurangan cairan. Agar tubuh tetap dalam keadaan fit dan cairan tubuh tidak berkurang drastis, maka anda bisa mengkonsumsi minuman isotonik saat berbuka atau sahur tiba. Namun jika tidak ada minuman isotonik, anda juga bisa mengkonsumsi air kelapa muda. Dan jika tidak ada kedua jenis minuman itu, anda juga bisa menggantinya dengan air dan campuran garam dapur, karena garam dapur bisa dijadikan sebagai pengganti elektrolit.

  1. Istirahat yang Cukup

Bagi anda yang bekerja berat selama ibadah puasa, maka hendaknya bisa memanfaatkan waktu luang untuk beristirahat. Istirahat sangatlah penting agar tubuh bisa merasa fit kembali. Selain itu, hindarilah mengkonsumsi kafein ketik akan berpuasa. Karena minuman berkafein hanya akan membuat tubuh lemas dan cepat merasa haus.

  1. Berolahraga

Jangan jadikan ibadah puasa sebagai alasan anda tidak melakukan olahraga. Olahraga juga penting bagi kesehatan tubuh anda walaupun dalam keadaan puasa. Lakukan olahraga dengan gerakan ringan dan carilah referensi gerakan orlahraga yang cocok untuk anda lakukan ketika dalam keadaan berpuasa.

  1. Menjaga Kualitas Makan Sahur

Sebelum menjalankan aktivitas puasa hendaknya anda tidak melewatkan makan sahur agar tubuh tetap kuat menjalankan ibadah puasa. Sahur sendiri merupakan jadwal makan pertama anda yang berfungsi untuk memberikan cadangan energi saat menjalankan aktivitas. Selalu perhatikan porsi dan kualitas makan sahur anda agar tubuh tetap fit dan sehat.

Baca juga : Fakta Bila Puasa Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

Itulah beberapa tips yang bisa kami bagikan mengenai Tips Agar Kuat Berpuasa Bagi Pekerja Berat. Semoga informasi di atas bermanfaat, dengan menerapkannya kami harap puasa anda bisa lancar 1 bulan penuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.