Tips Agar Karyawan Loyal dan Disiplin Dalam Bekerja

Tips Agar Karyawan Loyal dan Disiplin

Tips Agar Karyawan Loyal dan Disiplin – Perlu diketahui, karyawan merupakan sebuah aset yang sangat berharga bagi suatu perusahaan. Tanpa karyawan, tentunya perusahaan tidak akan dapat beroperasi. Namun terkadang ada waktu dimana karyawan merasa lelah dan mulai tidak disiplin. Adapula yang mulai bosan dan tidak loyal terhadap perusahaan.

Lantas, apa yang seharusnya anda lakukan sebagai atasan? Nah, berikut kami bagikan beberapa tips agar karyawan loyal dan selalu bertindak disiplin, yang bisa anda praktekkan.

Tips agar karyawan loyal dan selalu disiplinan

  1. Memberikan Hak Karyawan dengan Adil

Sebelum anda menuntuk sebuah loyalitas dan disiplin dari karyawan anda, cobalah untuk instrospeksi diri dulu, apakah anda sebagai atasannya telah memenuhi semua kebutuhan dan hal karyawan secara adil dan sesuai dengan kontrak kerja ? hak hak seperti gaji, tunjangan kesehatan, fasilitas kerja, kesejahteraan keluarga, jamsostek, keamanan dan THR harus anda tuntaskan sebagaimana mestinya agar karyawan selalu terpacu untuk bekerja dengan giat dan disiplin sekaligus betah bekerja di perusahaan anda.

Tips Agar Karyawan Loyal dan Disiplin
Tips Agar Karyawan Loyal dan Disiplin
  1. Membebaskan Kreatifitas dan Berpendapat

Membebaskan karyawan dalam bekerja kreatif dan berpendapat juga akan membuat karyawan merasa nyaman bekerja dengan anda. Hal tersebut tentunya juga pasti memicu suasana kerja yang kondusif sehingga karyawan dapat lebih giat dan disiplin dalam mengerjakan sesuatu. Misalnya jika seorang karyawan terbiasa bekerja sambil mendengarkan musik dengan headset, maka cobalah untuk melihat dampaknya. Apakah hal tersebut akan menambah prodktivitas karyawan tersebut atau justru mengganggu karyawan lain dalam bekerja. Selain itu bebaskan karyawan untuk menyalurkan pendapat serta aspirasinya terutama jika dalam pengambilan keputusan bersama. Siapa tahu ide cemerlang justru datang dari bawahan anda kan ?

  1. Berikan Reward dan Punishment secara Seimbang

Perusahaan tentunya memiliki banyak peraturan, dan peraturan yang baik adalah peraturan yang tegas namun tetap manusiawi. Nah untuk menyelaraskan peraturan, anda sebagai atasan perlu menyertakan reward serta punishment (Hadiah dan Hukuman). Ketika karyawan anda menaati peraturan dengan produktivitas yang menguntungkan bagi anda, anda harus memberikannya reward seperti bonus, cuti, dan promosi jabatan. Namun jika melakukan kesalahan, anda harus segera memberlakukan punishment sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hal – hal ini harus anda lakukan dengan seimbang dan konsisten agar menjaga loyalitas karyawan sekaligus mendisiplinkan karyawan.

Baca juga : Tips Agar Mencintai Pekerjaan dan Bekerja dengan Penuh Semangat

  1. Perlakukan Bawahan seperti Rekan

Sebagai atasan, hindari sikap ‘bossy’ yang selalu ditakuti dan dibenci karyawan. Anggaplah mereka adalah rekan anda yang juga harus anda hargai setiap aktivitasnya. Karena dengan memperlakukan karyawan sebagai rekan, anda akan membuat mereka nyaman dan tidak merasa terbebani akan kehaidran anda. Sehingga, bertemu dengan bos tidak lagi menjadi momok yang menakutkan bagi karyawan. Rasa nyaman dan senang inilah yang akan memicu karyawan betah dan semakin disiplin dalam bekerja.

  1. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif

Menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bukan hanya perkara menata ruangan senyaman mungkin namun juga hubungan antar karyawan yang lain. Sering seringlah membuat kegiatan diluar kegiatan bersama-sama agar keakraban terus terjalin antar karyawan. Jika ada permasalahan antar karyawan sebaiknya segera diselesaikan agar suasana nyaman dalam bekerja tetap terbentuk. Doronglah bawahan anda untuk bekerja dengan saling mendukung dan menghargai satu sama lain dan bukan persaingan yang saing menjatuhkan.

Baca juga : Praktekkan Prinsip Kerja Orang Jepang Ini agar Sukses Cepat

Nah itulah tadi beberapa tips agar karyawan loyal dan disiplin. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.