LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tips Agar Bisa Bekerja di Bawah Tekanan dengan Sepenuh Hati

Ada berbagai tekanan yang biasa muncul di dunia kerja. Mungkin bisa tekanan dari atasan, dateline yang sempit, atau bahkan kondisi lingkungan kerja yang kurang mendukung. Dan sebagai seorang pekerja atau karyawan, mau tidak mau harus bisa menerima semua itu dengan ikhlas dan sepenuh hati.

Nah, buat yang belum terbiasa dengan kondisi tersebut, sebaiknya simak tips berikut ini agar bisa beradaptasi.

Tips Agar Bisa Bekerja di Bawah Tekanan :

  1. Fokus pada Proses yang Sedang dilakukan

Ada banyak kasus dimana orang yang terlalu berorientasi pada hasil akan cenderung lebih tertekan daripada karyawan lainnya. Mereka akan selalu diliputi rasa takut saat mengerjakan sesuatu. Mereka akan terus berfikir bagaimana jika hasil dari pekerjaannya justru jelek. Padahal pola pikir seperti ini justru akan membuat konsentrasi Anda menurun, dan makin tertekan.

Tips Agar Bisa Bekerja di Bawah Tekanan

Tips Agar Bisa Bekerja di Bawah Tekanan

Memang tak banyak orang yang bisa menjalankan ini denan mudah. Tapi kembali lagi, kuncinya adalah kebiasaan. Jadi, mulai sekarang fokuslah pada proses pekerjaan Anda. Fokuslah pada step by step apa yang Anda kerjakan, bagaimana cara mengerjakannya, berapa waktu yang direncanakan untuk mengerjakan, hingga langkah-langkah apa yang bisa ditempuh untuk membantu menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jangan berfikir yang lain dulu dan hanya fokuslah pada apa yang Anda kerjakan.

  1. Anggap Tugas Sebagai Tantangan yang Menyenangkan

Tekanan yang kita terima saat bekerja jangan dianggap sebagai sebuah ancaman dan beban. Justru Anda harus menganggapnya sebagai sebuah tantangan yang menyenangkan, dimana jika Anda berhasil melalui semua ini, Anda akan sampai pada level yang lebih tinggi. Jika tekanan yang Anda terima dianggap sebagai sesuatu yang positif, dan sebuah lecutan semangat untuk mencapai level kualitas yang lebih baik, maka Anda tidak akan mudah patah semangat dalam bekerja.

Menganggap tekanan dalam pekerjaan menjadi sebuah ancaman bisa berakibat buruk bagi tubuh, karena otak secara tidak sadar akan memproduksi rasa takut berlebihan yang bisa menghambat konsentrasi Anda. Sebaliknya jika Anda menganggap tekanan dan tugas sebagai sebuah tantangan, maka otak Anda akan memproduksi tenaga yang bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Baca juga : Tips Supaya Pekerjaan tidak Menjadi Beban

  1. Selesaikan Tugas Step by Step jangan Terburu-buru

Saat Anda sedang berada di bawah tekanan, pasti naluri Anda secara alami akan berusaha untuk menyelesaikan semua tugas dalam satu waktu atau bersamaan. Anda akan tersugesti untuk bekerja lebih cepat dari biasanya. Tapi jangan lakukan hal tersebut. Karena bisa jad melakukan pekerjaan dengan terlalu cepat justru akan menyebabkan kita tidak menyadari berbagai kesalahan yang mungkin dilakukan.

Tetaplah focus untuk mengerjakan tugas satu persatu. Anda harus menenangkan diri lebih dulu dan mencoba menarik nafas dalam-dalam agar konsentrasi kembali. Selain itu, Anda juga harus meluangkan waktu beberapa menit untuk istirahat di sela-sela mengerjakan tugas menumpuk.

  1. Mendengarkan Musik

Tekanan yang berat di tempat kerja memang akan mempengaruhi kondisi psikologis Anda tapi bukan berarti Anda harus menyerah dengan segala kepanikan dan kekacauan yang terjadi di tempat kerja Anda. Setidaknya Anda harus merilekskan kembali pikiran dengan mendengarkan music.

Pilihlah musik yang Anda sukai ataupun music klasik yang bisa menenangkan. Saat pekerjaan semakin membuat Anda tertekan, ada baiknya Anda mencoba beberapa saat untuk mendengarkan musik. Tapi ingatlah untuk mendengarkan music hanya dengan menggunakan headphone agar tak mengganggu rekan kerja Anda. Selain itu jangan terlalu lama mendengarkan music sampai-sampai atasan Anda tahu dan menganggap Anda tidak serius bekerja.

  1. Tak ada Salahnya Berbagi Cerita pada Orang Lain

Tekanan yang Anda rasakan di tempat kerja tak harus Anda pendam sendirian. Anda yang ingin terbebas dari stress bisa bercerita ke orang lain mengenai masalah dalam pekerjaan ini. Anda bisa bercerita ke teman dekat, pasangan, ataupun keluarga. Langkah ini bisa membantu meringankan beban yang sebelumnya Anda simpan sendiri rapat-rapat. Selain itu, orang-orang terdekat Anda juga bisa memahami bagaimana kondisi Anda.

Baca juga : Tips Menjadi Karyawan Yang Disukai Bos

Itu dia beberapa Tips Agar Bisa Bekerja di Bawah Tekanan dengan sepenuh hati. Silahkan dipraktekkan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.