Tips Agar ASI Mau Keluar Banyak

Rasanya cukup normal, jika para Ibu mengkhawatirkan kebutuhan ASInya saat mulai menyusui. Mereka mungkin akan bertanya-tanya, apakah tubuhnya bisa menghasilkan air susu yang cukup atau tidak untuk bisa memenuhi kebutuhan sang bayi yang sedang tumbuh. Sebenarnya, hampir setiap ibu pasca bersalin bisa memproduksi ASI yang cukup untuk bayinya kecuali pada beberapa kasus tertentu dimana si ibu tidak dapat memproduksi ASI sama sekali.

Untuk mengetahui apakah bayi mendapatkan ASI yang cukup mungkin Anda bisa melihat dari pola tidurnya nyenyak atau tidak. Jika bayi sering mengalami gangguan tidur maka  bisa dipastikan ia tidak memperoleh ASI sesuai yang dibutuhkannya. Oleh karena itu Anda perlu melakukan hal-hal berikut untuk bisa mendapatkan pasokan ASI yang baik dan cukup.

Tips Agar ASI Mau Keluar Banyak :

  1. Mengonsumsi Makanan Bergizi Setiap Hari

Untuk mendapatkan jumlah ASI yang cukup, seorang ibu harus memenuhi kebutuhan makanannya dengan gizi dan vitamin yang baik setiap hari. Hal ini tak lain karena makanan bergizi merupakan salah satu faktor penting yang bisa mempengaruhi jumlah ASI ibu. Beberapa makanan yang sangat mendukung peningkatan jumlah ASI  diantaranya yaitu sayuran hijau, kacang-kacangan, oat, minyak zaitun, bawang putih dan buah pepaya.

  1. Hidup sehat

Jika Anda adalah seorang ibu menyusui, usahakan jangan sampai kelaparan atau mengonsumsi makanan yang kurang bergizi. Pastikan Anda sudah mengikuti diet kehamilan yang ketat serta menerapkan pola hidup sehat. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan kebiasaan-kebiasan yang baik dan menyehatkan serta disarankan untuk selalu berada di kawasan yang bersih dari polusi dan bebas asap rokok.

Baca juga : Cara Mengatasi Demam Pada Bayi

Tips Agar ASI Mau Keluar Banyak

Tips Agar ASI Mau Keluar Banyak

  1. Minum 10-12 gelas air

Tidak peduli seberapa bergizinya asupan makanan yang Anda makan jika jarang minum, Anda bisa kekurangan cairan sehingga tubuh pun tidak akan mampu memproduksi ASI yang dengan cukup. Sebagai saran,  Anda sebaiknya mengimbangi makanan bergizi dengan meningkatkan asupan cairan Anda.

  1. Menyusui Bayi Secara Teratur

Di awal-awal menyusui mungkin Anda akan merasakan kesulitan, bahkan tak jarang para ibu yang merasa kesakitan di area puting susu. Hal inilah yang memicu kebanyakan ibu untuk menggantikan ASI dengan susu formula. Padahal jika paham, hal seperti ini bisa membuat mereka selamanya tidak dapat memproduksi ASI dengan baik karena meningkatnya produksi ASI itu tergantung dari rajin dan teratur tidaknya sang ibu dalam menyusui sang bayi.

  1. Istirahat yang cukup

Jika merasa lelah saat sedang beraktivitas, sebaiknya Anda menghentikan dulu aktivitas dan istirahat sejenak, sebab jika tubuh kelelahan, ia tidak akan bisa memiliki energi untuk memproduksi susu dengan cukup dan baik. Jadi mulai sekarang cobalah untuk banyak istirahat dan tidur siang, jika merasa pada malam harinya Anda kesulitan tidur.

Baca juga : Jangan Cemas Bunda, Begini Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi yang Benar

Itulah beberapa Tips Agar ASI Mau Keluar Banyak. Jika saran-saran ini Anda jalani dengan benar dan sungguh-sungguh maka masalah-masalah seperti kekurangan ASI tidak akan menghampiri lagi. Selamat mencoba.

Leave a Reply