Tingkatkan Skill Bekerja Sesudah Musim Liburan dengan 5 Cara Ini

0
12

Skill bekerja adalah hal penting untuk terus dikembangkan. Nyatanya, selain tingkat pendidikan yang mumpuni, skill adalah bagian terpenting untuk melihat kemampuan seseorang dalam dunia kerja. Banyak orang yang memiliki skill tinggilah yang akhirnya mampu bersaing lebih baik dalam dunia kerja. Apalagi skill yang dimiliki terus diasah dan dikembangkan supaya bisa lebih baik.

mengasah skill kerja

Saat liburan usai dan harus kembali bekerja, tentu saja menjadi hal yang harus diperhatikan. Pada fase ini, banyak orang yang kemudian merasa kurang bersemangat dan akhirnya kurang mampu dalam mengembangkan skill yang mereka punya. Meski demikian, hal ini tidak boleh terus dibiarkan karena akan menjadi hal yang tidak baik. Kapanpun waktunya, skill harus tetap dijaga.

baca juga : Tips cerdas untuk negoisasi gaji

Beberapa Hal untuk Tingkatkan Skill Bekerja Sesudah Musim Liburan

Mencoba untuk Bersikap Apresiatif

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjaga sikap apresiatif kepada hal yang dikerjakan oleh orang lain. Ketika bisa menghargai ataupun memberikan apresiasi terhadap pekerjaan orang lain, maka hal tersebut akan menjadi umpan balik untuk mendapatkan penghargaan yang sama dari orang yang bersangkutan. Hal ini merupakan salah satu skill yang harus ada dalam dunia kerja.

Meski demikian tidak perlu berlebihan dalam mengapresiasi. Lakukan dengan sewajarnya saja. Semua hal yang berlebihan tentu tidak akan baik. Buatlah mereka yang sedang melakukan kerja merasa tetap dihargai namun rasa hormat tetap ada diantara sesama pekerja lainnya. Kondisi kerja yang demikian akan menjadi tentram dan lebih nyaman ketika benar-benar ingin meningkatkan skill.

Murah Senyum

Hal sepele yang satu ini memang sulit untuk dilakukan oleh sebagian besar orang. Perlu diketahui bahwa untuk bisa menjadi orang yang murah senyum memerlukan latihan guna menunjang interpersonal seseorang. Jangan pernah meremehkan hal yang satu ini. Nyatanya dengan tersenyum akan tercipta energi positif.  Setiap orang tentu mempunyai kesempatan untuk hal ini, jadi jangan sampai terlewatkan.

Menjaga Simpatik

Selanjutnya adalah selalu bersikap simpatik. Meskipun hanya sebuah ucapan, tetap saja apa yang diucapkan kepada orang lain akan sangat berpengaruh untuk sebuah skill bekerja. Untuk itu, tetaplah menjadi orang yang mempunyai rasa simpati yang tinggi dan membuat orang lain merasa lebih bahagia dan percaya diri. Bahkan apa yang dilakukan kepada orang lain, maka hal itu juga akan didapatkan.

Jika dikaitkan dengan dunia kerja tentunya akan sangat gamblang. Efeknya memang tidak harus instan, akan tetapi yang pasti perbuatan tersebut akan semakin mempermudah karir maupun pekerjaan. Dan tetaplah mengingat bahwa kesuksesan itu sering  timbul dari hal-hal yang tidak diduga sebelumnya.

Usahakan Lebih Aktif  Mendengar daripada Berbicara

Berikutnya adalah lebih banyak mendengar daripada berbicara. Hal ini merupakan salah satu skill bekerja yang harus tetap dijaga dengan baik. Perlu diketahui bahwa lebih sulit menjadi pendengar yang baik daripada menjadi pembicara yang baik. Dari kebiasaan yang banyak mendengar, maka akan lebih banyak hal yang bisa didapatkan. Misalnya saja ilmu-ilmu baru dari apa yang kita dengarkan.

Jika dilihat dari aplikasinya dalam dunia kerja, tentu saja dengan aktif mendengarkan apapun akan membuat orang menjadi apresiatif dan menghargai pendapat orang lain lebih baik. Sikap yang demikian jelas saja harus tetap dijaga dengan baik. Harus dipastikan bisa terjaga.

baca juga : Tips menghilangkan menunda perkerjaan

Lebih Mengedepankan Sikap Kebersamaan

Tidak bisa dipungkiri bahwa sudah menjadi kodrat manusia untuk menjunjung kebersamaan sebab manusia adalah makhluk sosial dan tidak mungkin bisa hidup sendirian. Hal ini pulalah yang sangat penting dalam dunia kerja.

Seringkali hal-hal yang berkaitan dengan skill bekerja berkaitan dengan kebersamaan. Apapun hal yang dilakukan dalam dunia kerja harus dibantu oleh orang lain. Untuk itu, menjaga kebersamaan adalah hal yang harus dikedepankan sampai kapanpun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.