RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

Tanggung jawab dan Tugas Customer Service Bank

Ketika Anda ke bank dan tertarik untuk membuka rekening, seseorang akan mengarahkan ke customer service. Pihak customer service tersebut akan membantu Anda mengenal seluk beluk produk dari bank tersebut, mulai dari tabungan, pinjaman dan lainnya. Dan bukan itu saja, masih banyak lagi tugas customer service bank yang lain. Penasaran, kira-kira apa saja sih tugas dan tanggungjawab seorang customer service bank ini? Berikut ulasannya:

Job Desk atau Tugas Customer Service Bank

Hakikatnya, customer service adalah jabatan yang memiliki tugas menerima tamu, media komunikasi perusahaan dan customer. Tidak hanya itu, mereka juga melakukan tugas relasi untuk melayani segala pertanyaan dan keluhan berkaitan dengan produk yang dimiliki perusahaan.

Seperti perusahaan yang bergerak di bidang lainnya, tugas customer bank pun sama. Berikut tugas customer service bank yang lebih lengkapnya.

  • Garda Terdepan

Bagian customer service bisa diibaratkan sebuah sampul produk perbankan. Mereka berada di depan dan menjadi cerminan pelayanan suatu bank. Karena tanggung jawab itu, para karyawan yang bekerja sebagai customer service biasanya mampu berkomunikasi dengan baik. Syarat lainnya adalah keramahan kepada nasabah agar merasa betah ketika diberi penjelasan mengenai produk perbankan. Tak hanya itu, karena merupakan sampul perusahaan perbankan, seseorang yang memiliki posisi customer service diusahakan good looking.

Tugas Customer Service Bank

Tugas Customer Service Bank

  • Perantara Bank dan Nasabah

Tidak hanya ketika membantu membuka rekening, beberapa perusahaan perbankan juga menyediakan fasilitas perantara antara bank dan nasabah. Customer service merupakan orang pertama yang akan dihubungi nasabah ketika membutuhkan informasi maupaun melakukan transaksi.

  • Sebagai Pusat Informasi

Tidak hanya sebagai perantara bank dan nasabah, customer service menjadi pusat dan mengetahui seluk beluk produk perbankan. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki pekerjaan sebagai costumer service dituntut mempunyai pengetahuan dan wawasan yang cukup baik.

  • Menjual Produk-Produk Bank

Secara tidak langsung, customer service merupakan salesman yang menjual produk-produk perbankan. Contohnya, berbagai tabungan, deposito, dan kredit. Customer service mampu membaca situasi baik dan memilihkan produk yang pas untuk nasabah.

  • Pelayanan

Terlepas dari banyaknya tugas seorang customer service, yang tidak boleh ketinggalan adalah pelayanan yang baik. Posisi customer service harus bisa berlapang dada dan melayani nasabah hingga selesai. Memang terkadang karakter nasabah sendiri tidak tertebak. Ada nasabah yang sabar dan mau menuruti semua peraturan perbankan tapi tidak jarang juga ada yang berbicara dengan meledak-ledak dan mudah marah.

  • Konsultan

Tidak semua nasabah memiliki wawasan dan pengetahuan mengenai produk perbankan. Jadi ketika menemui customer service, biasanya nasabah akan menanyakan banyak hal tentang sebuah produk agar perencanaan pengelolaan keuangan dan transaksi perbankan berjalan lancar dan pas sesuai kebutuhan.

  • Penerima Kritik, Saran dan Keluhan

Ada yang menyebut customer service juga sebagai handling complaint. Mereka yang bekerja sebagai customer service tidak hanya menjadi peredam dan mendengarkan segala keluh kesah  tapi juga menyelesaikan masalah dengan baik.

Baca juga : Tips Agar Mencintai Pekerjaan dan Bekerja dengan Penuh Semangat

Itulah poin-poin mengenai tugas yang dimiliki seorang customer service bank. Selain memiliki beragam tugas diatas, seorang customer service juga memiliki wewenang seperti melihat nasabah mengisi data dan menandatangani formulir aplikasi perbankan. Selain itu, customer juga memiliki wewenang melakukan penolakan permintaan pembukaan rekening jika tidak memenuhi persyaratan atau prosedur yang ditetapkan oleh bank. Bahkan berhak melakukan penutupan rekening baik atas permintaan nasabah maupun karena sebab lainnya berdasarkan ketentuan/prosedur intern bank.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.