LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Tanda-tanda Hamil Muda

KeluargaSamawa.com – Kebahagiaan suatu keluarga akan semakin lengkap ketika mendengar kabar akan hadirnya buah hati, apalagi bagi pasangan yang baru menikah. Dan biasanya, saat mengetahui hal tersebut, berbagai persiapan akan dilakukan orang tua untuk menyambut buah cintanya. Akan tetapi, ternyata, banyak para calon ibu yang belum memahami tentang tanda-tanda hamil muda atau akan hadirnya si buah hati.

Untuk itu, berikut ini kami bagikan informasi terkait tanda-tanda hamil muda tersebut, siapa tau saat ini anda membutuhkannya.

  • Bercak darah

Salah satu tanda anda mulai hamil adalah adanya bercak darah namun bukan darah menstruasi. Darah ini lebih ke warna merah muda. Bercak darah ini  disebabkan oleh implantasi yaitu penempelan calon janin ke dinding Rahim. Bercak darah ini biasanya berlangsung selama 1-2 hari.

  • Terlambat haid

Terlambat haid merupakan salah satu tanda yang paling mudah diketahui ketika anda mulai hamil. Tapi perlu anda ketahui tidak selamanya terlambat haid berarti haid. Terlambat haid juga bisa disebabkan oleh kelelahan ataupun setres.

Baca juga : Tips Jitu Agar Cepat Hamil Secara Alami

 

Tanda-tanda Hamil Muda

Tanda-tanda Hamil Muda

  • Sembelit

Sembelit terjadi karena adanya peningkatan hormone progesterone. Peningkatan hormone ini ternyata berdampak pada kinerja usus yang semakin lambat. Selain itu, cairan usus pun berkurang yang akhirnya tinja menjadi kering sehingga menyulitkan ibu untuk buang air besar atau sembelit. Perlu anda ketahui juga bahwa sembelit memiliki sisi keuntungan yaitu semakin mengoptimalkan penyerapan nutrisi saat hamil.

Untuk mengatasi masalah sembelit pada ibu hamil ini, ibu disarankan untuk banyak-banyak mengonsumsi makanan berserat. Kebanyakan makanan berserat mengandung asam folat yang baik untuk janin dan dapat meminimalisir bayi lahir cacat.

Baca juga : Obat-obatan yang Tidak Dianjurkan untuk Ibu Hamil

  • Sensitif pada bebauan

Ketika hamil, ibu cenderung lebih sensitif dengan berbagai macam bau. Aroma-aroma yang cukup kuat dapat dicium ibu dari kejauhan. Untuk yang tidak tahan dengan aromanya, terkadang bisa menyebabkan ibu mual atau muntah.

  • Morning sickness

Morning sickness ini adalah gejala yang cukup mencolok bagi ibu hamil. Kondisi ini terjadi pada trimester pertama yang ditandai dengan mual dan muntah. Dinamakan morning sickness karena biasanya mual muntah ini terjadi dipagi hari. Namun tidak menutup kemungkinan bisa terjadi sepanjang hari.

  • Ngidam

Ngidam adalah saat-saat dimana anda menginginkan suatu hal (biasanya cenderung ke makanan) dan anda harus memakannya saat itu juga. Ngidam ini tidak selalu makanan favorit anda, bisa jadi anda justru menginginkan makanan yang tadinya tidak anda sukai. Dan menurut mitos, jika ngidam tidak terpenuhi maka dedek bayi ketika sudah besar akan “ngiler” atau mengeluarkan air liur secara terus menerus tanpa sengaja. Unik juga yah mitos ini..

Baca juga : Tips Untuk Ibu Hamil Supaya Bayi Sehat

Nah, diatas adalah sedikit uraian terkait tanda-tanda hamil muda yang seringkali ibu hamil rasakan. Namun adakalanya, tidak semua tanda diatas selalu terjadi pada semua ibu hamil, karena kondisi masing-masing individu berbeda-beda. Untuk lebih mengetahui kepastian hamil anda, anda bisa memeriksakannya melalui dokter atau bidan terdekat. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berbahagia menyambut si kecil.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.