Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi, Surganya Pecinta Flora Fauna

Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Meskipun tak sepopuler Taman Nasional lain, keindahan yang tersaji di Taman Nasional Meru Betiri tak kalah mempesona. Taman Nasional ini merupakan habitat bagi flora dan fauna. Bahkan, TNMB sering disebut dengan Afrika-nya Indonesia.

Lokasi Obyek Wisata Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi

Secara administratif, Taman Nasional seluas 580 km2 ini masuk ke wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember di Propinsi Jawa Timur. Kawasan ini adalah kawasan dataran rendah yang dekat dengan Pantai Selatan.

Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi

Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi

Akses Menuju Taman Nasional Meru Betiri

Jika ingin berlibur ke TNMB, ada dua rute untuk mengakses lokasi tersebut. Rute pertama melalui wilayah Kabupaten Banyuwangi di timur. Sedangkan rute kedua dari sebelah barat melalui Kabupaten Jember.

  • Rute dari Banyuwangi. Banyuwangi – Jajag – Pesanggaran – Sungai Lembu – Sarongan – Kandangan – Pantai Rajegwesi (pintu gerbang TNMB) – Sumbersuko – Sukamade.
  • Rute dari Jember, yaitu dari Jember – Ambulu – Tempurejo – Curahnongko – Andengrejo (gerbang Taman Nasional) – Bandealit. Bandealit juga wilayah pantai yang terletak di sebuah perkebunan kecil di tengah hutan.

Flora Taman Nasional Meru Betiri

TNMB adalah habitat bagi flora-flora langka yang jarang ditemui di banyak tempat. Beberapa tanaman eksotis dapat Anda temukan jika berwisata ke Taman Nasional ini, antara lain bunga Raflesia atau yang sering dikenal dengan bunga bangkai (Rafflesia zolingeriana).

bunga Raflesia

bunga Raflesia

Selain itu tanaman lainnya yang dapat dijumpai antara lain tanaman bakau (Rhizophora sp.), api-api (Avicennia sp.), pohon waru (Hibiscus tiliaceus), nyamplung (Calophyllum inophyum), rengas (Gluta renghas), bungur (Lagerstroemia speciosa), pulai (Alstonia scholaris), bendo (Artocarpus elasticus), dan tumbuhan obat-obatan berbagai jenis.

Baca juga : Pantai Tanjung Ringgit, Potret Kecantikan Alam di Ujung Lombok

Fauna Taman Nasional Meru Betiri

Satwa khas Meru Betiri adalah penyu. Ada beberapa jenis penyu langka terdapat di Meru Betiri, antara lain penyu hijau (Chelonia mydas), penyu belimbing (Dermochelys coriacea), penyu lekang (Lepidocheys olivacea), serta penyu sisik (Eretmchelys imbricata). Semua jenis penyu tersebut ditangkar di Pantai Sukamade yang berada di ujung Timur TNMB.

penyu

penyu

Selain penyu, masih bayak satwa langka lain di TNMB yang hidup secara liar seperti di hutan Afrika. Anda dapat melihat langsung fauna eksotis seperti kumbang hitam, kera ekor panjang, dan ajag. Habitat banteng dan rusa macan tutul, kijang, dan beberapa jenis monyet bisa ditemukan di hutan tropis dataran rendah. Terdapat pula hewan landak, trenggiling dan juga kucing hutan.

Menikmati Keindahan Pantai Bandealit

Selain surga bagi pecinta flora dan fauna, TNMB juga sangat tepat bagi para pecinta pantai. Ada beberapa pantai yang bisa Anda kunjungi di kawasan Taman Nasional, salah satu yang paling terkenal ialah Pantai Bandealit. Pantai ini adalah pantai yang maih bersih dan terjaga kealamiannya.

Pantai Bandealit

Pantai Bandealit

Pantai Bandealit berada di Desa Bandealit. Lokasinya lebih dekat dicapai jika mengambil rute barat dari Jember. Jarak dari Jember sampai ke Bandealit sekitar 60 km. Untuk samai ke Pantai Bandealit, Anda harus masuk lewat pintu gerbang Andengrejo. Berbagai aktivitas olahraga air dapat dilakukan disini seperti berenang, bodysurfing, jetskiing, kano, dan surfing.

Baca juga : Pesona Keindahan Pantai Tangsi atau Pantai Pink Lombok

Akomodasi

Ada banyak pilihan hotel di Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember. Namun, jika Anda menginginkan lokasi yang lebih dekat, Anda dapat menginap di resort Bandealit milik Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi yang letaknya hanya 500 m dari pantai bandealit.

Leave a Reply