RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

Tahapan-tahapan dalam proses lamaran pernikahan

Tahapan-tahapan dalam proses lamaran pernikahan. Bagi Anda pasangan kekasih yang sudah memutuskan untuk melaju ke jenjang yang lebih serius, yaitu pernikahan, maka biasanya Anda harus melalui proses lamaran terlebih dahulu. Lamaran adalah proses yang wajib dan tidak boleh ditinggalkan, karena ini merupakan tahap untuk mengutarakan keinginan guna menikahi pasangan. Kalau tahapan ini tidak dilakukan maka Anda tidak mungkin bisa menikah karena tidak ada persetujuan dari pasangan.

Lamaran merupakan sebuah proses pemberitahuan, kesepakatan dan persetujuan secara resmi yang dilakukan antara kedua belah pihak. Baik itu pihak kedua mempelai maupun kedua keluarga. Lamaran inilah yang menjadi pembuka jalan untuk menuju pernikahan.

Lamaran sendiri diadakan dengan cara yang beragam. Ada yang biasa saja, hanya mengadakan pertemuan keluarga kedua belah pihak. Ada juga yang mengadakannya dengan acara yang besar, seperti mengundang sanak saudara, tetangga dan teman teman. Bahkan ada juga yang mengadakannya dengan upacara adat yang kental dengan unsur budaya.

Tahapan-tahapan dalam proses lamaran pernikahan

Tahapan-tahapan dalam proses lamaran pernikahan

Bagaimana acara lamarannya, itu semua tergantung dari pilihan Anda dengan pasangan. Apakah Anda ingin menggelar acara lamaran yang besar atau acara yang bersifat private. Namun, pada umumnya point penting dalam tahapan proses lamaran adalah sebagai berikut :

Tahapan-tahapan dalam proses lamaran pernikahan

  • Mengutarakan keinginan pada orang tua sendiri

Bagi Anda yang ingin melamar pasangan tentunya Anda harus mengutarakan keinginan tersebut kepada kedua orang tua Anda.

Baca juga : Beberapa Alasan Kenapa Anda Harus Segera Melamar Pasangan Anda

Jika kedua orang tua Anda sudah sangat mengenal sosok pasangan maka Anda perlu bertanya apakah kedua orang tua Anda setuju dengan rencana Anda. Jika belum kenal, maka Anda patut memberikan gambaran seperti apa sosok pasangan Anda, sifatnya, prilakunya dan keluarganya.

  • Mengatur jadwal pertemuan

Kalau kedua orang tua Anda sudah menyetujui keputusan Anda maka selanjutnya atur pertemuan untuk kedua keluarga.

  • Mengenalkan anggota keluarga

Pada saat kedua belah pihak keluarga sudah berkumpul, maka perlu ada perwakilan dari masing masing keluarga untuk memperkenalkan anggota keluarga. Mulai dari ayah, ibu, saudara dan yang lainnya. Ini dilakukan agar kedua belah pihak saling mengetahui apa status ikatan anggota keluarga dengan pasangan Anda.

  • Menyampaikan maksud pertemuan

Point utama Tahapan-tahapan dalam proses lamaran pernikahan adalah mengutarakan maksud kedatangan atau pertemuan. Calon mempelai pria atau perwakilan dari keluarga akan menyampaikan keinginannya untuk menjadikan calon mempelai wanita sebagai pasangan hidupnya.

  • Mendengarkan atau memberikan jawaban

Bagi Anda yang merupakan calon mempelai laki-laki, maka Anda harus mendengarkan jawaban dari calon Anda. Sedangkan untuk Anda calon mempelai wanita, maka Anda harus memberikan jawaban Anda mengenai diterima atau tidaknya lamaran tersebut.

Tidak ada pernikahan yang hanya didasari keinginan satu pihak saja. Kedua belah pihak berhak mengutarakan jawabannya sendiri.

  • Memberikan pengikat

Sebuah ikatan jika tidak diberi sebuah tanda rasanya gimana gitu ya. Walaupun statusnya sudah diresmikan di hadapan keluarga tapi rasanya kurang sah jika tidak ada tanda ikatan.

Tanda ikatan yang diberikan umumnya adalah sebuah atau sepasang cincin yang dipakaikan ke jari manis sebelah kiri calon pasangan. Sebagian orang juga bahkan memberikan beberapa seserahan seperti pakaian, sendal, kosmetik dan yang lainnya untuk calon mempelai wanita sebagai hadiah sebelum pernikahan.

Cincin Lamaran

Cincin Lamaran

Nah, untuk tahap berikutnya bisa dilanjutkan dengan acara makan-makan deh. Setelah proses lamaran ini selesai maka Anda bisa merundingkan tanggal pernikahan yang tepat untuk acara akad dan resepsi nantinya.

Baca juga : Tips Menghemat Biaya Resepsi Pernikahan Dengan Cara Mudah

Nah itulah tahapan-tahapan dalam proses lamaran yang umumnya dilakukan orang-orang. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin melamar pasangan Anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.