Syarat-Syarat Hewan Qurban Menurut Ajaran Islam

Syarat-syarat hewan qurban – Tidak lama lagi kita akan memasuki bulan Dzulhijjah, bulan dimana umat islam akan melaksanakan ibadah haji sekaligus bulan yang dianjurkan bagi umat islam untuk berqurban. Berqurban itu sendiri adalah sunnah yang muakkadah, dan merupakan ibadah yang paling dicintai oleh Allah SWT. Makanya tidak heran jika banyak umat muslim yang mempersiapkan hewan qurban untuk disembeli pada bulan Dzulhijjah ini.

Namun, tentunya bukan sembarang hewan bisa dijadikan qurban. Pastinya harus memenuhi syarat tertentu sesuai aturan agama Islam. Nah, buat Anda yang belum tahu, berikut adalah syarat-syarat hewan qurban tersebut.

  • Hewan Qurban haruslah Hewan yang Sudah Ditetapkan dalam Syariat

Ini adalah syarat pertama yang harus dipenuhi, yakni hewan qurban ini adalah hewan yang sudah ditetapkan di dalam syariat, yang meliputi kambing, unta dan sapi. Jika hewan yang dipilih berada di luar jenis ketiga hewan tersebut, otomatis kurbannya tidak sah sekalipun itu adalah hewan yang halal untuk dimakan walupun harganya juga lebih tinggi, seperti 500 ekor ayam, 500 ekor itik, 3 ekor kuda atau yang lain-lainnya

Syarat-Syarat Hewan Qurban Menurut Ajaran Islam

Syarat-Syarat Hewan Qurban Menurut Ajaran Islam

 

  • Hewan yang Akan Diqurbankan Sudah Memenuhi Umur

Syarat yang kedua adalah hewan yang hendak diqurbankan sudah memenuhi umur sesuai dengan ketetapan syariat. Berikut ini rinciannya:

  1. Jika itu adalah unta, maka umur minimal yang harus dipenuhi adalah 5 tahun dan sudah masuk ke tahun yang keenam
  2. Jika itu adalah sapi, maka umur minimal yang harus dipenuhi adalah 2 tahun dan sudah masuk ke tahun yang ketiga
  3. Jika itu adalah kambing biasa, maka umur minimal yang harus dipenuhi adalah 1 tahun. Tetapi jika itu adalah kambing dengan jenis domba atau biri-biri, jika sulit untuk mendapatkan yang berumur 1 tahun, maka boleh menggunakan yang umurnya minimal 6 bulan
  • Tidak ada Cacat pada Fisik Hewan Qurban

Syarat-syarat hewan qurban berikutnya yang harus dipenuhi adalah hendaknya hewan yang akan diqurbankan terbebas dari cacat yang membuatnya tak layak untuk diqurbankan. Adapun cacat yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Buta sebelah matanya dan kebutaannya tersebut sudah jelas
  2. Sakit
  3. Pincang kakinya
  4. Kurus

Nah, itulah keempat cacat yang akan membuat ibadah qurban tidak sah. Bila seseorang hendak berqurban dengan hewan lain yang juga memiliki cacat namun cacat tersebut lebih ringan misalnya telinganya terpotong atau ekornya putus, maka qurbannya masih diterima. Sebaliknya, kondisi fisik hewan yang boleh dijadikan qurban adalah sebagai berikut:

  1. Tidak sedang hamil ataupun habis melahirkan anak
  2. Badannya tidak terlalu kuru
  3. Matanya sehat
  4. Kakinya sehat
  5. Badannya sehat
  • Penyembelihan Dilakukan di Waktu yang telah Ditentukan

Syarat keempat adalah penyembelihannya harus dilakukan di waktu yang telah ditentukan, yakni setelah sholat id pada hari raya Idul Adha, hingga akhir dari hari tasyriq atau tanggal 13 Dzulhijjah.

Baca juga : Sedekah, Amalan yang Banyak Memberi Manfaat Kita di Dunia dan Akhirat Kelak

Nah, itulah syarat-syarat hewan qurban yang benar sesuai syariah Islam. Semoga bisa  menjadi referensi yang bermanfaat.

Leave a Reply