LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Strategi Jitu Agar Diterima di Sekolah Unggulan

Sekolah unggulan telah tersebar di beberapa ibu kota provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia. Mempunyai prinsip layanan unggul terhadap semua aspek kegiatan belajar mengajar, sekolah unggulan menjadi contoh layanan pendidikan yang berkualitas dan digadang bisa menghasilkan siswa unggulan. Oleh karenanya, tak heran jika banyak tua mendaftarkan putra-putrinya ke sekolah dengan predikat unggulan agar kelak bisa menjadi anak yang berprestasi. Selain itu, sebagian besar orangtua merasakan kebanggaan tersendiri jika berhasil menyekolahkan anaknya di sekolah unggulan.

Setiap tahunnya jumlah siswa yang diterima di sekolah unggulan sangat terbatas karena persyaratan untuk dapat masuk dan diterima di sekolah unggulan semakin ketat. Persyaratan administratif maupun akademis di sekolah unggulan harus melalui proses yang panjang dengan seleksi yang cukup ketat. Biasanya, sistem seleksi penerimaan siswa dimulai dari seleksi administratif, tes kemampuan akademis, wawancara, tes psikologi, ketrampilan dan sejenisnya.

Strategi Agar Diterima di Sekolah Unggulan :

Jika Anda berminat untuk mendaftar ke sekolah unggulan, sebaiknya persiapkan secara matang jauh-jauh hari. Agar diterima di sekolah unggulan, berikut ini kami share tips-tips sederhana yang akan membantu Anda:

  • Gali Informasi Secara Lengkap tentang Persyaratan Mendaftar dan Diterima di Sekolah Unggulan

Carilah informasi secara detail dan lengkap mengenai persyaratan mendaftar dan diterima di sekolah unggulan yang akan Anda tuju. Sekolah tersebut biasanya memberikan informasi dengan mengedarkan brosur penerimaan siswa baru. Anda bisa juga mengunjungi website atau langsung menanyakan informasi lengkapnya ke sekolah tersebut.

Strategi Jitu Agar Diterima di Sekolah Unggulan

Strategi Jitu Agar Diterima di Sekolah Unggulan

  • Pertimbangkan Apakah Anda Bisa Mendaftar dan Telah Memenuhi Persyaratan Administratif atau Tidak.

Ini sangat penting karena menentukan proses seleksi pada tahap berikutnya. Bagaimana dengan nilai rapor smester apakah telah memenuhi persyaratan atau belum. Misalnya, setiap nilai rata-rata mata pelajaran Anda telah memenuhi persyaratan untuk mendaftar.

  • Persiapan yang Matang untuk Mengikuti Tes

Apabila nilai rapor semester telah memenuhi persyaratan administrasi, langkah selanjutlah adalah mempersiapkan diri secara matang. Anda bisa mempersiapkannya dengan rajin mengerjakan latihan-latihan soal. Selain itu persiapkan pula diri Anda untuk beberapa rangkaian proses tes meliputi wawancara, beberapa mata pelajaran maupun psiko-tes. Apabila ujian nasiona telah berakhir, sebaiknya Anda tetap belajar di rumah untuk mempersiapkan tes masuk sekolah unggulan tersebut.

Nah, demikianlah ulasan mengenai strategi agar diterima di sekolah unggulan. Agar bisa diterima di sekolah unggulan, prestasi belajar yang bagus adalah salah satu strategi yang dapat Anda lakukan. Upayakan pula untuk memenuhi persyaratan administratif sekolah unggulan yang Anda inginkan.

Baca juga : Berikut 8 Tips Mudah Lulus SNMPTN

Selain itu, kebiasaan rajin belajar dan selalu menggunakan waktu sebaik-baiknya adalah strategi jitu untuk masuk ke sekolah unggulan yang Anda idam-idamkan. Tetaplah giat belajar walaupun ujian nasional telah berakhir. Saat ujian nasional berakhir perjuangan Anda belum berakhir untuk mempersiapkan diri menghadapi seleksi masuk sekolah unggulan yang Anda inginkan. Salam sukses.

4 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.