Siapkan Hal Berikut, Jika Merasa Terancam Dipecat dari Tempat Kerja

Hal yang paling menakutkan bagi karyawan pastinya adalah pemecatan. Anda yang bekerja di sebuah perusahaan sebagai karyawan pasti adakalanya dibayangi oleh kecemasan tersebut, terlebih bila kinerja Anda tidak memuaskan. Selain karena kinerja individu yang menurun, ada berbagai alasan lain dari pihak perusahaan hingga harus memecat karyawannya. Misalnya karena adanya krisis ekonomi, perusahaan bangkrut dan sebagainya.

Nah, daripada Anda terus khawatir, sebaiknya mulai sekarang segera menyiapkan beberapa hal ini untuk berjaga-jaga. Terlebih  buat anda yang sudah menikah, dan anda menjadi tulang punggung keluarga. Lantas, kira-kira apa saja yang sebaiknya disiapkan?

  1. Upgrade CV

Langkah ini sangat penting jika Anda ingin pindah bekerja di perusahaan lain. Jangan lupa untuk selalu mengupgrade CV atau daftar riwayat hidup Anda sesuai dengan perkembangan pengalaman kerja dan prestasi yang bisa Anda raih selama bekerja di perusahaan saat ini.

Hal ini sangat penting dan tidak boleh Anda lewatkan karena kualitas diri Anda saat melamar kerja ditunjukkan melalui CV tersebut. Selain itu, jika Anda menunjukkan CV dengan kualifikasi sebagai karyawan berpengalaman, maka kemungkinan besar Anda diterima kerja di perusahaan baru akan semakin meningkat.

Siapkan Hal Berikut, Jika Merasa Terancam Dipecat dari Tempat Kerja

Siapkan Hal Berikut, Jika Merasa Terancam Dipecat dari Tempat Kerja

  1. Siapkan Dana Darurat

Walaupun Anda sedang tidak terancam dipecat, sebaiknya Anda memang selalu menyiapkan dana darurat demi keamanan perekonomian Anda. Akan lebih baik jika Anda menyisihkan dana darurat ini setiap bulan secara teratur.

Namun jika Anda sudah menunjukkan tanda-tanda dipecat mungkin karena kondisi ekonomi perusahaan dan sebagainya, maka Anda wajib bergegas menyiapkan dana cadangan yang lebih besar dibandingkan biasanya. Dana ini akan sangat bermanfaat untuk membuka bisnis sendiri atau untuk mempertahankan kondisi perekonomian keluarga saat Anda berjuang mencari pekerjaan yang baru.

  1. Mengembangkan Kemampuan dan Kualitas Diri

Sebelum Anda benar-benar dipecat dari perusahaan, maka Anda harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin dalam perusahaan tersebut untuk mengembangkan kemampuan dan kualitas diri Anda.

Jadikanlah perusahaan tempat Anda bekerja saat ini sebagai sebuah tempat belajar dimana Anda bisa mengembangkan kreativitas dan kualitas diri. Saat Anda ternyata harus benar-benar keluar dari perusahaan suatu hari nanti, Anda sudah punya bekal yang cukup untuk bekerja di tempat lain ataupun bahkan mendirikan usaha sendiri. Belajarlah banyak hal dari perusahaan tersebut dan bukan hanya terbatas pada job desk Anda sehari-hari.

Baca juga : Beberapa Kesalahan Ini Bisa Merusak Karir Anda, Hindarilah!

  1. Tingkatkan Kinerja Anda

Jika Anda khawatir akan dipecat karena kinerja yang buruk di mata atasan, maka ini adalah waktu yang tepat untuk mengembangkan dan meningkatkan kinerja Anda kembali. Langkah ini adalah hal yang paling tepat untuk berusaha mempertahankan posisi Anda. Dengan meningkatkan kinerja Anda, pimpinan akan mempertimbangkan kembali apakah Anda memang harus dipecat atau justru harus dipertahankan.

  1. Bersiap untuk Negosiasi

Jika memang kenyataannya Anda harus tetap keluar dari perusahaan, maka Anda wajib mempertimbangkan kemungkinan proses negosiasi saat mencari kerja di perusahaan baru.

Tetaplah berfikir optimis. Kenali berbagai kelebihan diri Anda yang bisa digunakan untuk mencari kerja di perusahaan lain. Selain itu Anda juga wajib menganalisis kekurangan diri yang membuat Anda dipecat dari perusahaan sebelumnya. Jadikan kekurangan tersebut sebagai sebuah refklesi diri untuk bisa menjadi lebih baik lagi.

  1. Jangan Putus Asa, Cepat Kirim Lamaran Kerja Baru

Jika Anda ingin tetap bertahan setelah dipecat, maka mau tidak mau Anda harus segera mengirimkan lamaran kerja baru di berbagai perusahaan yang Anda incar. Jangan sampai Anda justru larut dalam pikiran negatif dan lupa untuk mencari pekerjaan baru. Semakin cepat Anda mendapatkan pekerjaan, maka akan semakin cepat pula Anda terhindar dari stres.

Persiapkan diri Anda dengan mencari informasi sebanyak mungkin mengenai gaji yang diharapkan serta standar gaji yang diberikan oleh perusahaan baru yang akan Anda tuju untuk melamar kerja. Selain itu, persiapkan pula mental Anda untuk menghadapi serangkaian tes di perusahaan baru dimana Anda melamar kerja.

Baca juga : Tips Jitu Agar Cepat Menjadi Karyawan Tetap Setelah Magang

Itulah 6 hal yang harus Anda siapkan ketika terancam dipecat dari perusahaan. Semoga informasi ini bermanfaat..

by:yul

Leave a Reply