Setting komputer supaya bisa mengetik tulisan Arab

5
31
Kenapa komputer atau laptop kita tidak bisa untuk mengetik menggunakan tulisan Arab ???. Sebagian dari kita pasti membutuhkan menulis menggunakan bahasa arab, terutama guru bahasa arab, dosen bahasa arab dan pastinya orang muslim biasanya akan menulis menggunakan arab untuk menulis bismilah, asalamualakium dll. 
Jika komputer atau laptop anda tidak bisa menulis arab, berikut tips dan cara setting supaya bisa mengetik bahasa arab. Biasanya terjadi pada windows XP, kenapa tidak bisa menulis arab ?? sebenaranya ini terjadi karena pada waktu menginstal tidak menyertakan file bahasa secara lengkap, maka harus kita instal/tambahkan file bahasa arab pada windows XP tersebut langkahnya sebagai berikut :
Siapakan CD/sofware windows XP, masukan kedalam CD/DVD drive
Masuk ke start >>> Control Panel >> Date, Time, Language, and Regional Option >>>  Regional and Language Option >>> pilih Laguange >>> beri ceklis pada Instal files for East Asia language, klik Ok maka file bahasa arab dan bahasa asia timur lainya akan terinstal selanjutnya restat komputer.
Selanjutnya cara menambahkan dan menampilkan languange pada taksbar, masuk seperti langkah-langkah dan gambar diatas kemudian pilih detail, akan muncul seperti gambar dibawah ini.
Kemudian pilih add untuk menambahkan bahasa arab, kemudian pilih input language Arab (Saudi Arabia) kemudian klik OK.
Untuk menampilkan pada taskbar pilih languangebar  kemudian beri ceklis pada show addition Languange bar icon in the taskbar, kemudian pilih OK.
Selesai maka anak muncul di taksbar bahasa yang akan kita gunakan EN /English AR /Arabic tinggal kita pilih bahasa mana yang akan kita gunakan pada saat mengetik.
Terimakasih semoga membantu !!!

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.