Sejuta Manfaat Alpukat Untuk Balita Anda

Departemen Pertanian Amerika Serikat menyebutkan hasil kajian yang mereka lakukan pada buah alpukat menunjukkan bahwa dalam satu buah alpukat yang bobotnya berkisar 40 gr ternyata memiliki kandungan 3,4 gr karbohirat, 64 kalori, 6 gr lemak, 1 gr protein, vitamin B6, C, E dan K, serta mineral penting (pottasium dan magnessium).

Lemak yang terdapat pada buah alpukat merupakan lemak nabati yang sehat sehingga membuat seseorang menjadi tidak mudah merasa lapar, termasuk dalam hal ini adalah balita. Oleh karena itu makanan alpukat ini juga sangat cocok untuk dikonsumsi balita.

Beberapa Manfaat Alpukat Untuk Balita Anda, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Buah alpukat memiliki kandungan nutrisi yang dapat digunakan sebagai MPASI pertama

Pada suatu ketika akan ada masanya ASI tidak mampu memenuhi gizi balita. Pada saat itu terjadi, maka balita membutuhkan sumber makanan lain untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Nah di sinilah letak peranan buah alpukat.

Buah alpukat dipandang mampu digunakan sebagai makanan padat yang bisa mencukupi kebutuhan gizi balita anda sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai pendamping ASI pada masa awal sebelum bayi mulai bisa full memakan aneka makanan padat.

Sejuta Manfaat Alpukat Untuk Balita Anda

Sejuta Manfaat Alpukat Untuk Balita Anda

Anda dapat mulai memberikan buah alpukat ini pada buah hati anda ketika dia sudah menunjukkan gejala kalau mampu mengkonsumsi makanan/asupan padat. Adapun gejala atau tanda-tandanya adalah sebaga berikut:

  • Buah hati anda mulai bisa meraih makanan lalu memasukkannya ke mulut mereka
  • buah hati anda sudah bisa menyangga kepala dan dapat duduk sendiri tanpa bantuan
  • buah hati anda mulai menunjukkan ketertarikan dengan makanan yang anda konsumsi
  • Dia dapat menelan makanan.

Nah jika beberapa gejala di atas sudah mulai anda temui pada buah hati anda maka anda bisa menggunakan alpukat sebagai Makanan Pendamping ASI (MPASI). Agar balita anda tidak merasa bosan, anda bisa mencari beberapa resep untuk mengolah buah alpukat ini menjadi makanan yang menarik bagi buah hati anda.

  1. Buah alpukat sangat baik untuk kesehatan balita

Kandungan lemak jenuh yang dimiliki oleh buah alpukat sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya sangat baik bagi kesehatan tubuh balita anda. Buah ini aman di konsumsi buah hati anda dan kebutuhan nutrisi buah hati anda pun juga dapat tercukupi.

Baca juga : 4 Manfaat Penting Mengkonsumsi Buah dan Sayur Setiap Hari

  1. Buah alpukat dapat membantu perkembangan otak anak

Otak merupakan bagian terpenting dari buah hati anda. Jika perkembangan otak buah hati anda berkembang pesat, maka kesehatan balita anda juga terjaga dan ia dapat menjadi pribadi yang cukup aktif. Oleh karena itu anda membutuhkan nutrisi yang baik bagi perkembangan otak buah hati  anda.

Nah, ternyata buah alpukat ini mengandung omega 3 yang sangat baik bagi perkembangan otak anak. Jadi, anda bisa mulai melatih balita anda untuk mengkonsumsi buah alpukat ini.

  1. Buah alpukat dapat membantu tumbuh kembang anak

Buah alpukat ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi perkembangan tumbuh kembang buah hati anda, seperti Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin K, Vitamin C, Vitamin E, Kalium, magnesium, lutein, dan zat besi.

Di antara beberapa kandungan buah alpukat tersebut, kandungan vitamin B kompleks lah yang memiliki peranan penting dalam membantu perkembangan otak anak. Vitamin B kompleks tersebut berfungsi untuk meningkatkan perkembangan jaringan dan kesehatan sel-sel tubuh  buah hati anda.

Baca juga : 7 Manfaat dan Alasan Ibu Hamil Dianjurkan Mengkonsumsi Terong

Nah, itu tadi adalah beberapa Manfaat Alpukat Untuk Balita Anda anda. Dengan mengetahui manfaat buah alpukat ini, diharapkan anda dapat mulai membiasakan buah hati anda yang sudah siap untuk makan makanan padat agar mengkonsumsi resep olahan alpukat yang sudah anda buat untuk buah hati anda. Buatlah resep semenarik mungkin untuk menarik minat buah hati anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply