LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Sedekah, Amalan yang Banyak Memberi Manfaat Kita di Dunia dan Akhirat Kelak

Beramal sholeh janganlah di tunda-tunda, pepatah tersebut kerap sekali didengungkan untuk memotivasi kita agar menyegerakan melalukan amal sholeh. Sebagai seorang muslim ada beragam amal sholeh yang dianjurkan oleh tuntunan kita Nabi Muhammad SAW untuk ditunaikan, Salah satunya adalah sedekah dan infaq.

Bersedekah dan infaq merupakan sebuah amalan yang dilakukan dengan cara mengeluarkan sebagian harta kita untuk diberikan kepada orang lain yang tidak mampu. Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan para umatnya untuk melakukan amalan yang satu ini, hal ini dikarenakan amalan yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kita yang menunaikannya. Berikut adalah beberapa Manfaat Sedekah dan infaq :

  1. Sedekah dan infaq tidak mengurangi Rizki

Sedekah dan infaq merupakan salah satu amalan yang sangat menuntut keikhlasan seseorang, bagaimana tidak amalan ini dilakukan dengan cara memberikan harta yang kita dapatkan dengan cara susah payah kepada orang lain, sehingga tidaklah mengherankan jika ada orang yang sangat enggan mengeluarkan sedekah dan infaq pada orang lain.

Manfaat Sedekah dan infaq

Manfaat Sedekah dan infaq

Namun tahukan anda, sebenarnya sedekah dan infaq itu sama sekali tidak mengurangi rizki anda, karena sebenarnya pada rizki yang kita dapatkan tersebut terdapat hak orang lain di dalamnya sehingga tidak ada kerugian sedikitpun ketika kita mengeluarkan sebagaian harta kita untuk bersedekah. Hal ini ditegaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat An Nisaa’ ayat 39.

Baca juga : Pentingnya Bersyukur Atas Apa Yang Kita Dapatkan

Bahkan mungkin sebaliknya bersedekah dapat membuka pintu rizki karena dengan besedekah merupakan wujud syukur kita kepada Tuhan yang menciptakan kita, dan jika kita bersyukur maka Tuhan akan menambahkan nikmatnya kepada kita.

  1. Sedekah dan infaq merupakan amalan yang tidak akan putus

Sedekah dan infaq merupakan amalan yang sangat mulia, sehingga amalan tersebut tidak akan putus walaupun kita telah meninggalkan dunia ini, hal ini dijelasakan dalam sebuah hadist oleh Abu Hurairah R.A.

Dalam hadist tersebut dijelaskan bahwa Rasulullah Muhammad SAW menjelaskan, jika seseorang mati meninggalkan dunia ini maka akan putuslah semua amalnya kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan dan doa anak sholeh yang mendoakannya.

  1. Sedekah dan infaq Menjauhkan dari Api Neraka

Tahukah anda sebenarnya sedekah dan infaq dapat menyelamatkan kita dari siksa api neraka. Hal ini dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al-Quranul Karim dalam surat QS Ali Imran, ayat 133 dan 134.

Hal ini sangatlah wajar karena dengan mengeluarkan sedekah dan infaq berarti kita telah membersihkan harta kita dari hal-hal yang tidak sesuai dengan agama, seperti riba ataupun cara mendapatkannya yang terkadang tidak kita sadari kurang sesuai dengan syariat agama.

Baca juga : Manfaat Berdzikir dalam Islam

Itulah beberapa Manfaat Sedekah dan infaq yang dapat kita peroleh ketika kita menunaikan. Nah, setelah membaca ulasan diatas, masihkah anda berfikir ulang dan merasa berat untuk bersedekah dan infaq?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.