LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Rahasia Sukses Mencari Kerja Dalam Waktu Sebulan

Tips sukses mencari kerja dalam waktu sebulan – Setiap orang pasti tidak mau menjadi pengangguran. Entah itu karena baru lulus, resign dari pekerjaan bahkan dipecat, ataupun karena hal yang lainnya. Menganggur memang momok yang sangat menakutkan. Apalagi di zaman sekarang ini.

Setelah mencari pekerjaan pun terkadang kita harus menunggu lama untuk menerima kabar penerimaan, hal ini seringkali membuat banyak orang menjadi frustasi. Belum lagi ketatnya persaingan antar pencari kerja juga membuat kita harus mempunyai mental yang kuat untuk bisa melewatinya.

Nah, sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi semua itu. Mau tahu caranya?  Langsung saja, simak tips sukses mencari kerja dalam waktu sebulan, yang telah kami rangkum berikut ini.

Sukses Mencari Kerja Dalam Waktu Sebulan

  1. Tentukan Kategori Pekerjaan yang Anda Inginkan

Ini hal pertama yang sangat penting untuk anda lakukan. Pada tahap awal ini, anda harus bisa menentukan pekerjaan yang anda inginkan dengan tegas dan jelas. Hal ini akan memudahkan anda nantinya saat mencari info lowongan pekerjaan.

Baca juga : Tips Sukses Melamar Kerja Via Email

Setelah itu, karena anda sekarang sudah menentukan kategori anda, sekarang anda bisa mulai mencari lowongan pekerjaan berdasarkan kategori yang sudah anda tentukan dengan menggunakan situs-situs pencari kerja seperti JobsDB, Jobstreet, dan sejenisnya.

Tips sukses mencari kerja dalam waktu sebulan

Tips sukses mencari kerja dalam waktu sebulan

  1. Upgrade Resume Anda

Setelah anda melewati tahap pertama, sekarang anda bisa melakukan tips berikutnya yaitu upgrade resume. Hal ini juga sangat penting, karena jika anda tidak merubah resume, portofolio, dan surat lamaran, itu artinya anda hanya berjalan di tempat dan tidak akan pernah maju.

Ugrade ketiga hal tersebut menjadi lebih, lebih, dan lebih menarik lagi. Agar anda lebih mudah untuk mendapatkan panggilan pekerjaan. Tidak hanya tampilannya saja yang dibuat lebih menarik, anda juga harus menambahkan informasi terbaru yang mungkin anda lupakan saat membuat CV sebelumnya. Disini anda juga bisa menonjolkan beberapa detail penting yang bersangkutan dengan posisi yang anda lamar.

  1. Planning Alternatif

Ini adalah kunci dari tips sukses mencari kerja dalam waktu sebulan. Jika anda tidak bisa membuat planing yang matang, itu artinya anda telah merencanakan kegagalan. Mengapa begitu?

Karena, jika anda hanya melamar ke berbagai tempat secara acak, itu hanya akan membuat waktu anda terbuang percuma dan jika dapat pekerjaan pun, mungkin pekerjaan itu tidak sesuai dengan keinginan dan bidang yang anda kuasai.

Cara untuk membuat planning ini sebenarnya cukup mudah, pertama anda harus melakukan riset untuk setiap posisi yang nantinya anda lamar. Setelah itu, pastikan lowongan tersebut sesuai dengan kompetensi dan skill anda, minimal 80%.

Kemudian, ikutilah jobfair yang ada. Jangan hanya mengandalkan situs pencari pekerjaan. Memang di point sebelumnya, anda disuruh untuk mencari lowongan menggunakan situs. Tapi, jika anda juga menghadiri jobfair, itu akan meningkatkan peluang anda untuk diterima kerja menjadi lebih besar.

  1. Terakhir, Lebih Aktiflah Dalam Follow Up

Tentukan waktu yang anda sediakan untuk menunggu. Tidak ada patokannya, mungkin anda bisa menunggu 1-2 minggu setelah mengirim lamaran.

Jika sampai batas waktu yang anda tentukan masih belum ada jawaban dari pihak perusahaan. Maka anda harus melakukan follow up untuk memastikannya. Karena bisa saja lamaran yang anda kirim belum sampai, atau memang masih dalam tahap penyeleksian.

Cara follow up-nya bisa dengan mengirim email ucapan terima kasih kepada perekrut. Memang terlihat sepele, tapi jika dilakukan dengan benar, hal ini bisa meningkatkan peluang anda untuk terus diingat oleh tim HRD. Perlu anda perhatikan, jangan pernah mengirim email follow up terlalu sering, karena hal itu bisa membuat anda terlihat kurang profesional di mata par HRD.

Baca juga : Tips Cerdas saat Negosiasi Gaji bagi Fresh Graduate

Itu dia beberapa tips sukses mencari kerja dalam waktu sebulan yang bisa anda lakukan. Jika nantinya anda menerima pekerjaan yang kurang anda minati, sebaiknya anda tetap bersikap terbuka. Karena rejeki sudah ada yang mengatur, dan mungkin anda tidak tahu bahwa pekerjaan yang tidak anda inginkan itu bisa menjadi batu lonjatan menuju imipian yang sudah anda tunggu-tunggu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.