Prospek Kerja Untuk Mahasiswa Jurusan Psikologi

Jurusan psikologi, sekarang ini mungkin menjadi jurusan yang belum memiliki banyak peminat. Hal ini dikarenakan banyak orang yang belum memahami mengenai jurusan psikologi serta prospek pekerjaan kedepannya. Oya, buat Anda yang belum tahu, jurusan psikologi merupakan jurusan yang di dalamnya mempelajari tentang perilaku manusia. Beberapa universitas terkadang memasukkan jurusan psikologi dalam ilmu sosial namun beberapa lainnya memasukkannya ke dalam ilmu sains.

Nah bagi anda yang tertarik mengulik lebih dalam tentang ilmu psikologi ataupun Anda lulusan ilmu psikologi yang lagi bingung mencari peluang pekerjaan yang cocok, berikut ini beberapa prospek kerja terbaik buat Anda.

  1. Dosen/pengajar

Bagi anda yang lulus sebagai sarjana psikologi, anda bisa memilih pekerjaan sebagai dosen di universitas swasta/negeri. Namun tentunya hal ini harus didukung dengan persyaratan gelar S2 dalam bidang psikolog.

  1. Psikolog

Pekerjaan lainnya yang cocok untuk sarjana psikoloig adalah menjadi seorang psikolog. Tentunya hal ini dapat terjadi bila anda melanjutkan pendidikan S2 dengan bidang psikologi profesi. Saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa psikolog terutama dalam bidang penerimaan karyawan. Anda juga bisa menjadi psikolog untuk rumah sakit sebagai konselor klinis serta masih banyak lainnya.

Prospek Kerja Untuk Mahasiswa Jurusan Psikologi

Prospek Kerja Untuk Mahasiswa Jurusan Psikologi

  1. Psikoterapis

Psikoterapis atau yang sering disebut sebagai dokter kejiwaan merupakan prospek kerja lainnya yang dapat dikerjakan oleh lulusan psikologi. Tak hanya menilai mengenai pasien di rumah sakit jiwa saja, namun seorang konselor juga melakukan terapi psikologi bagi orang-orang yang memiliki masalah sosial ataupun sedang membutuhkan bantuan.

Baca juga : Tips Jitu Agar Sukses Saat Wawancara Kerja

  1. Konselor

Pekerjaan lainnya yang bisa anda geluti sebagai lulusan bidang psikologi adalah menjadi seorang konselor. Anda dapat menjadi konselor di beberapa bidang, misalnya saja konselor perusahaan, remaja, dan lainnya.

Untuk diperusahaan biasanya pekerjaan konselor adalah untuk melakukan konseling dengan karyawan-karyawan di dalamnya. Atau anda bisa melamar menjadi konselor di lembaga-lembaga yang berkosentrasi pada kaum-kaum tertentu seperti remaja atau anak-anak.

  1. Market Researcher

Anda juga bisa melamar menjadi market researcher atau peneliti pasar. Biasnaya pekerjaan ini akan ditawarkan oleh perusahaan maupun lembaga-lembaga independen. Tugas dari seorang market researcher adaah untuk mengumpulkan infor serta menganalisa data yang ada dari kondisi pasar maupun perilaku konsumen.

  1. Psikologi Forensik

Pekerjaan yang satu ini mungkin belum banyak digeluti di Indonesia. Pekerjaan ini bertugas di ranah hukum. Misalnya saja untuk membantu sebuah penyelidikan terhadap kasus criminal. Menjadi psikologi forensic tentunya membutuhkan analisa yang dalam karena berkaitan terhadap hukum.

  1. UX analyst

Pekerjaan ini biasanya berada di perusahaan-perusahaan yang berbasis internet ataupun software. Tugas dari UX analyst ini adalah untuk melakukan analisa terhadap perilaku konsumen ketika menggunakan produk/layanan. Tentunya hasil analisa ini digunakan sebagai evaluasi dan perbaikan untuk sebuah perusahaan.

Baca juga : Lakukan Tips Berikut Ini Agar Karir Anda Cemerlang

Nah kira-kira dari beberapa pilihan di atas, mana yang cocok buat Anda?

Leave a Reply