RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

Pesona Pantai Baron Jogja yang Memikat Mata

Pantai Baron mungkin namanya tak sefamiliar Pantai Parangtritis ataupun Pantai Indrayanti. Namun begitu, jangan remehkan pesona yang di miliki destinasi pantai yang ada di Yogyakarta ini. Nyatanya, setiap hari di pantai ini tak pernah sepi pengunjung.

  • Daya Tarik Pantai Baron Jogja

Menghabiskan waktu liburan dengan menikmati pemandangan di pantai bisa menjadi pilihan yang mengasyikkan. Nah, berikut ini adalah sederet alasan mengapa anda wajib mengunjungi Pantai Baron.

  • Menikmati Aktivitas Nelayan

Pantai Baron sesungguhnya adalah Pusat Pelelangan Ikan (PPI) di Gunung Kidul. Sebagian besar masyarakat di sana berpenghasilan sebagai nelayan. Selain pemandangan alam yang menakjubkan, di tepi pantai akan terlihat kapal-kapal nelayan berjajar. Anda beruntung bila dapat melihat para nelayan yang pulang setelah mencari ikan. Momen langka ini jarang Anda dapati di perkotaan.

  • Main Ombak

Hal yang langsung menarik mata ketika melihat pantai adalah keinginan bermain air. Melihat debur ombak membuat kaki ingin segera merasakan kesegaran air laut. Ombak di Pantai Baron terbilang besar. Namun wisatawan masih diperbolehkan bermain dan berenang. Wisatawan akan dilarang bila ombak sedang besar.

Pantai Baron Jogja

Pantai Baron Jogja

  • Menyusuri Tepi Pantai

Ada solusi lain bila Anda tidak tertarik merasakan ombak, yaitu menyusuri tepi pantai. Bersama orang terkasih, Anda bisa menikmati panorama Pantai Baron yang dikelilingi bukit hijau. Lepas saja alas kaki dan rasakan kelembutan pasir Pantai Baron.

Baca juga : Air Terjun Lembah Bongkok, Surga Tersembunyi di Tanah Tuban Jawa Timur

  • Menara Mercusuar Putih

Dari menara itu, Anda akan mendapat perspektif yang berbeda mengenai Pantai Baron. Mercusuar terletak di sisi timur Pantai Baron. Sebelum memasuki komplek, Anda akan menaiki tangga dan ditarik biaya Rp 2.000 sebagai biaya perawatan.

Agar bisa menikmati pemandangan dari menara, wisatawan perlu membayar sebesar Rp 5.000 sebagai retribusi. Sebaiknya siapkan air mineral karena tangga memutar setinggi 40 meter menyapa. Di puncaknya masih ada tangga vertical.

Namun percayalah tak ada usaha yang sia-sia. Sebab pemandangan Pantai Baron dari atas sangatlah menakjubkan. Tidak hanya pantai, Anda bisa menikmati segala penjuru Gunungkidul. Mulai pemandangan laut hingga pegunungan

  • Belajar di Baron Techno Park

Tak hanya liburan sambil menikmati pemandangan, Anda juga bisa menambah ilmu ketika mampir ke Baron Techno Park. Letak wisata edukasi ini berada di  sisi barat pantai. Di sana, wisatawan akan menemukan berbagai jenis peralatan yang berkaitan dengan pengubahan tenaga surya menjadi listrik. Karya mencolok yang bisa Anda jadikan objek selfie adalah jam matahari yang berfungsi sebagai petunjuk waktu dengan bantuan cahaya matahari.

  • Menyaksikan Upacara Sedekah Laut

Upacara sedekah laut masih sering diselenggarakan warga Gunungkidul pada tanggal satu suro sesuai dengan penanggalan Jawa. Upacara ini dilakukan sebagai ucapan syukur warga sekitar atas ikan-ikan yang melimpah setiap tahunnya. Upacara ini ditengarai warga sekitar yang awalnya merupakan petani tapi ketika hasil bumi makin sedikit, warga lebih memilih menjadi nelayan.

  • Lokasi Pantai Baron Jogja

Lokasi Pantai Baron terletak di Desa Kamadang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.  Untuk mencapai Pantai Baron dibutuhkan waktu 1 jam 39 menit bila berangkat dari Pusat kota Yogyakarta.

  • Fasilitas yang ada di Pantai Baron Jogja

Ada banyak penginapan di  sekitar Pantai Baron. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan fasilitas yang disediakan. Tak hanya itu, bagi yang mencari oleh-oleh, di sana tersedia toko souvernir yang menyediakan berbagai oelh-oleh yang bisa Anda bawa pulang.

  • Tiket Masuk Pantai Baron Jogja

Harga masuk Pantai Baron adalah Rp 10.000 per orang. Sedang untuk parkirnya Rp 2.500 per mobil dan Rp 1.000 per sepeda motor. Ingin menikmati pemandangan dari mercusuar, Anda tinggal merogoh kocek Rp 5.000.

Baca juga : Obyek Wisata Air Terjun Mangku Sakti, Pesona Eksotis Lombok Timur

  • Jam Operasional

Tak perlu kuatir dengan jam operasional. Sebab wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai selama 24 jam. Tak jarang pula wisatawan sengaja kemping untuk bisa melihat hamparan bintang di kala malam hari.

Terimakasih.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.