LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Pesona Keindahan Pantai Tangsi atau Pantai Pink Lombok

Pesona Keindahan Pantai Tangsi atau Pantai Pink Lombok – Seperti yang kita tahu, Lombok sangat terkenal dengan keindahan pantainya. Salah satunya yang banyak difavoritkan wisatawan adalah Pantai Tangsi atau yang juga dikenal dengan sebutan Pantai Pink.

Selama ini kebanyakan orang mengira bahwa Pantai Pink hanya ada di Flores. Padahal, pulau Lombok juga memiliki pantai dengan pasir berwarna merah muda nan cantik, yaitu Pantai Tangsi ini. Nah, buat Anda yang berencana berlibur ke pantai Tangsi, sebaiknya simak dulu reviewnya berikut ini.

Letak Pantai Tangsi

Pantai Tangsi terletak di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Tmur. Jarak dari Kota Mataram kurang lebih sekitar 85 kilometer. Pantai Tangsi merupakan satu dari dua pantai di Indonesia dan tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna pink.

Warna pink yang terdapat pada pasir di Pantai Tangsi ini dikarenakan adanya percampuran pasir dan serpihan halus cangkang kerang yang berwarna merah muda. Saat diterpa sinar matahari, maka pasir akan terlihat sangat pink dan menambah kecantikan Pantai Tangsi ini. Apalagi jika terkena air laut, warna pink-nya akan semakin terlihat nyata. Pemandangan asir berwarna pink ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatwan yang berkunjung.

Pesona Keindahan Pantai Tangsi atau Pantai Pink Lombok

Pesona Keindahan Pantai Tangsi atau Pantai Pink Lombok

Akses Menuju Pantai Tangsi

Rute yang bisa Anda tempuh jika menjadian Pantai Tangsi sebagai destinasi wisata Anda beserta sahabat maupun keluarga bisa dari Kota Mataram lalu menuju ke Kabupaten Lombok Timur. Setelah itu ke Kecamatan Jerowaru dan masuk ke desa Pemongkong. Jarak Pantai Tangsi dari Desa Pemongko sekitar 10 km. Sayangnya kondisi jalan menuju ke Pantai Tangsi belum begitu baik.

Untuk menuju ke lokasi Pantai Pink Tangsi, Anda harus mempersiapkan kendaraan pribadi atau sewa karena tidak adanya angkutan umum yang dapat membawa Anda ke lokasi tujuan. Sedangkan untuk urusan perbekalan, sebaiknya Anda membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup saat berkunjung ke pantai Tangsi karena penjual yang mnjajakan makanan dan minuman di wilayah tersebut terbilang sangat jarang.

Baca juga : Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berlibur Bersama Keluarga

Daya Tarik Obyek Wisata Pantai Tangsi

Pantai Tangsi adalah pantai berpasir pink yang sangat unik dan indah. Air lautnya yang jernih serta gelombangnya yang terbilang tenang sangat cocok dijadikan destinasi wisata keluarga karena aman bagi anak-anak.

Di sekitar pantai juga terdapat hamparan padang rumput yang menyegarkan pandangan. Di dekat pantai juga terdapat goa yang diperkirakan merupakan goa peninggalan Jepang semasa Perang Dunia II.

Pantai Tangsi letaknya cukup berdekatan dengan Pantai Tanjung Ringgit, yaitu sekitar 1 km sebelum memasuki Pantai Tanjung Ringgit. Sehingga, Anda bisa memanfaatkan waktu disana dengan mengunjungi dua pantai yang sama indahnya dalam waktu satu hari itu.

Aktivitas Menyenangkan yang Bisa Dilakukan di Pantai Tangsi

Turis yang mengunjungi Pantai Tangsi dapat melakukan berbagai aktivitas air seperti snorkeling, berenang, memancing, hingga menyelam. Sayangnya, tak ada pengelola resmi yang menyewakan peralatan snorkeling maupun selam, sehingga Anda harus membawanya sendiri.

Wisatawan juga dapat menyewa perahu milik nelayan untuk mengelilingi gugusan pulau-pulau kecil yang jaraknya hanya sekitar 2 km dari bibir pantai. Aktivitas lainnya yang dapat dilakukan adalah menjelajahi goa Jepang.

Letaknya yang cukup jauh dari pusat kota maupun kecamatan membuat para wisatawan akan sulit menemukan penginapan di wilayah Pantai Tangsi. Anda tak akan menemukan penginapan apalagi hotel mewah disini. Untuk itu, pastikan Anda memperhitungkan waktu perjalanan dari penginapan ke pantai dan sebaliknya.

Baca juga : Tips Berlibur Menyenangkan Bersama Keluarga

Keindahan alam Pantai Tangsi tak akan bertahan lama jika kita tak menjaga dan melestarikannya. Nikmatilah pantai tanpa merusak alamnya. Bawa kembali sampah yang Anda bawa, dengan demikian pantai akan selalu terjaga kebersihannya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.