RamadhanSpecial Bulan Ramadhan

Pertanyaan pada Diri Anda, Sebelum Menerima Tawaran Kerja

Mendapat panggilan kerja atau mendapat tawaran kerja dari suatu perusahaan tentu menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi jika bisa diterima bekerja di sebuah perusahaan besar dengan reputasi yang sangat baik. Namun, idealnya tetap saja sebelum memutuskan untuk menerima, dipertimbangkan terlebih dahulu tawaran tersebut. Setidaknya ada 6 Pertanyaan pada Diri Anda, Sebelum Menerima Tawaran Kerja tersebut. Nah ingin tahu, pertanyaan apa sajakah itu?

Bebeberapa Pertanyaan pada Diri Anda, Sebelum Menerima Tawaran Kerja

  1. Cocokkah Gaji dan Fasilitasnya dengan Apa yang Diinginkan?

Semua orang yang mencari pekerjaan pasti sudah memiliki standar gaji yang mereka inginkan masing-masing. Dalam mempertimbangkan akan menerima atau tidak sebuah tawaran kerja pastinya hal pertama yang ditanyakan pada diri sendiri adalah apakah gaji dan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan tersebut sesuai dengan ekspektasi dan keinginan kita?

Setelah mengajukan pertanyaan tersebut, pasti Anda akan mempertimbangkan apakah besarnya gaji sepadan dengan beban kerja yang akan ditanggung. Kemudian Anda akan mempertimbangkan ada atau tidaknya berbagai fasilitas seperti tunjangan kesehatan, asuransi, bonus, jatah cuti, dan sebagainya. Pada akhirnya Anda sendirilah yang memutuskan apakah dengan ada tidaknya berbagai fasilitas di atas bisa diterima atau tidak.

Pertanyaan pada Diri Anda, Sebelum Menerima Tawaran Kerja

Pertanyaan pada Diri Anda, Sebelum Menerima Tawaran Kerja

  1. Apakah Pekerjaan Baru Ini Mempengaruhi Keseimbangan Hidup Anda?

Ada banyak perusahaan yang memiliki aturan ketat untuk karyawannya. Misalnya saja Anda tidak boleh telat, Anda harus berpakaian rapi sesuai ketentuan, dan bahkan Anda diwajibkan untuk datang di akhir pekan sesuai dengan kesepakatan. Kadang perusahaan bahkan melarang karyawannya pulang ke rumah jika tanggung jawab pekerjaannya belum selesai.

Hal-hal seperti inilah yang harus Anda pertimbangkan. Apakah beban kerja seperti ini bisa Anda terima? Dan apakah dengan kondisi pekerjaan seperti itu, kualitas hidup Anda akan terpengaruh? Jika Anda cukup fleksibel, maka Anda bisa menyesuaikan diri dengan pola kerja yang telah diterapkan oleh perusahaan tersebut.

Baca juga : Penyebab Utama Anda Ditolak Pihak Rekruitment saat Melamar Kerja

  1. Cocokkah Diri Anda dengan Kebiasaan Perusahaan?

Semua perusahaan memiliki peraturan dan pola kerja yang berbeda. Maka Anda perlu bertanya pada diri sendiri, apakah Anda cocok dengan kebiasaan dan pola kerja yang diterapkan di perusahaan tersebut?

Jika Anda mempertimbangkan kesuksesan, maka Anda harus menjadi orang yang fleksibel dan mampu mengikuti pola kerja perusahaan. Kualitas diri Anda bisa berkembang jika Anda bisa beradaptasi dengan tuntutan pekerjaan.

  1. Bisakah Anda Berkembang?

Pertanyaan pada Diri Anda, Sebelum Menerima Tawaran Kerja lainnya yang harus Anda jawab sebelum emmutuskan menerima tawaran kerja adalah bisakah Anda berkembang jika bekerja di tempat tersebut?

Jika Anda ingin mengembangkan diri dan berubah menjadi pekerja yang berkualitas dengan segudang kemampuan, maka Anda wajib memilih tempat kerja dimana Anda bisa mengasah kemampuan. Jenis pekerjaan juga menjadi pertimbangan penting yang harus dipikirkan. Karena jenis pekerjaan tertentu biasanya hanya monoton dan tidak membuat kemampuan Anda meningkat.

  1. Sudah Yakinkah Anda Bekerja di Tempat Baru?

Jika Anda saat ini sudah bekerja, namun mendapatkan tawaran dari perusahaan lainnya untuk ikut bergabung bersama mereka, maka satu pertanyaan penting yang wajib Anda tanyakan adalah “apakah saya sudah yakin akan bekerja di tempat baru ini?”

Jawaban dari pertanyaan ini bisa sangat beragam. Anda akan membandingkan bagaimana kondisi pekerjaan Anda di perusahaan saat ini dengan peluang yang akan diperoleh di tempat kerja baru. Anda akan menimbang kira-kira mana lebih menguntungkan secara psikis, karir, dan ekonomi bagi diri Anda sendiri. Pertimbangkan apakah keinginan untuk pindah bekerja di tempat lain hanyalah hasil dari emosi sesaat karena konflik dengan rekan kerja di tempat saat ini dan sebagainya.

Baca juga : Tanda yang Mengisyaratkan Anda untuk Resign Dari Pekerjaan Sekarang

Itulah beberapa pertanyaan yang wajib Anda tanyakan kepada diri sendiri sebelum memutuskan menerima tawaran kerja dari sebuah perusahaan.

Leave a Reply