LiburanLiburan & Berwisata Asyik !

Persiapan Menghadapi Ujian Agar Sukses

Persiapan menghadapi ujian tentu harus dilakukan dengan semaksimal mungkin, supaya mendapatkan nilai yang baik. Terlebih untuk ujian akhir, karena ujian ini sebagai penentu, untuk bisa naik ke level/kelas selanjutnya atau jenjang selanjutnya.

Baik itu untuk siswa sekolah dasar, SMP ataupun SMA, ujian akhir tekadang menjadi momok yang menakutkan. Padahal seharusnya tidak demikian, bila mau belajar dengan rajin setiap hari. Bukan belajar saat akan ada ujian saja.

Perlu diketahui, UNAS atau ujian akhir di ciptakan untuk mengukur kemampuan anda selama bersekolah, bukan hanya itu saja, saat ini keberadaan UNAS atau ujian akhir di gunakan sebagai patokan anda dalam memilih jenjang selanjutnya.

Persiapan menghadapi ujian

Persiapan menghadapi ujian

5 Tips Persiapan menghadapi ujian

Nah, untuk anda yang sedang menghadapi ujian, berikut kami bagikan beberapa tips yang sebaiknya dilakukan:

  1. Ciptakan suasana ruangan belajar senyaman mungkin.

Hal yang pertama untuk mendapatkan hasil terbaik ketika ujian nanti pastinya dengan belajar. Maka dari itu, upayakan untuk membuat suasana ruang belajar yang senyaman mungkin, agar proses belajar menyenangkan.  Misal dengan mendekorasi ulang kamar atau ruang belajar senyaman mungkin dengan pilihan warna-warna yang fresh yang membuat anda semangat. Atau bagi anda yang mampu berkonsentrasi untuk belajar sambil mendengarkan lagu, anda bisa memutar musik atau lagu yang bisa merubah mood anda menjadi lebih fokus.

Baca juga : Strategi Jitu Agar Diterima di Sekolah Unggulan

  1. Menjaga kesehatan dan biasakan sarapan pagi

Satu hal yang mungkin banyak di kesampingkan oleh banyak siswa adalah menjaga kesehatan dengan membiasakan sarapan pagi atau mengkonsumsi makanan sehat, terutama yang berguna menutrisi otak. Sebab hal ini sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan menghadapi ujian. Dengan badan yang sehat, maka anda lebih mudah menyerap pelajaran yang diberikan, lebih mudah mengingat, serta lebih mudah fokus.

  1. Waktu belajar yang tepat dan terencana

Nah yang satu ini juga masih tentang kesehatan. Banyak siswa yang tidak memperhatikan waktu belajarnya dan bahkan ada yang memaksakan badannya untuk terus belajar hingga larut malam. Padahal yang dilakukan tersebut justru merugikan. Dengan kondisi badan yang terlalu diforsir tersebut, yang ada otak sulit menangkap pelajaran, sulit konsentrasi, dan bisa jadi akan membuat anda menjadi sakit. Jika sampai sakit, malah kacau bukan, karena persiapan yang sudah dilakukan akan sia-sia? Idealnya belajar 3-4 jam perhari sudah cukup. Asal dilakukan dengan rutin, dan sungguh-sungguh. Selain itu istirahat yang cukup 6-8 jam perhari juga penting.

  1. Perbanyak latihan soal-soal yang akan di ujikan.

Ujian nasional yang menggunakan format pilihan ganda, sebetulnya bisa di maksimalkan dengan baik, hal ini di karenakan untuk mempelajarinya anda hanya perlu memperbanyak latihan-latihan soal baik dari buku-buku soal Ujian, atau dari soal-soal ujian di tahun lalu, setidaknya soal-soal ujian sebelumnya mempunyai konsep soal yang hampir mirip namun dikemas dengan pembahasan yang beda.

Jadi, selain bisa menambah kesiapan, berlatih mengerjakan soal-soal akan membuat anda percaya diri di hari ujian nantinya.

  1. Berdoa dan meminta doa restu kepada orang tua.

Jika semua hal terkait dengan duniawi sudah di laksanakan dengan maksimal, hal terakhir yang harus di lakukan adalah berdoa sesuai dengan agama masing-masing dan menyerahkan semua hasilnya kepadaNYA. Karena kita sebagai manusia hanya bisa berusaha. Selanjutnya, meminta doa restu juga penting, karena bagaimana pun doa orangtua sangatlah ampuh.

Baca juga : Ini Dia Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA

Itu tadi diatas 5 persiapan menghadapi ujian yang bisa kami berikan untuk anda, nah selamat mencoba.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.