Perkenalkan dan Melatih anak untuk Berpuasa di Bulan Ramadhan

4
26

Tinggal hitungan hari kita akan memasuki bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat islam di dunia, bulan yang penuh ampunan dan bulan yang penuh berkah, rohmah, hidayah yaitu menyambut datangnya bulan suci ramadhan.

Puasa merupakan salah satu kewajiban umat islam di bulan ramadhan ini. Puasa yaitu menahan makan dan minum dan segala yang membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari yang diwajibkan bagi yang sudah dewasa atau baliqh.
 
Puasa juga harus kita perkenalkan dan melatih kepada anak sejak kecil, supaya anak kita paham salah satu kewajiban atau rukun islam yaitu melaksanakan puasa di bulan ramadhan. Supaya anak akan terbisa dikemudian hari setelah mereka dewasa atau baligh.

Namun untuk seorang anak kita tidak memaksakan kemampuanya untuk berpusa sampai  full  (waktunya terbenamnya matahari), tetapi perkenalkan saja dan sebagai sarana untuk memulai latihan anak untuk berpuasa. atau biasa orang menyebutnya puasa beduk. Jadi sekiranya anak sudah tidak sanggup  berilah kesempatan untuk  berbuka terlebih dahulu dan jangan dipaksakan.
Karena masa anak-anak adalah massanya proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat memerlukan asupan gizi yang cukup.

Puasa bisa dijadikan sebagai latihan kepada anak untuk menahan lapar dan haus, melatih kesabaran dan kedisiplinan pada anak, mulai harus bangun pagi untuk makan sahur dst.

Terimakasih, semoga bermanfaat apabila ada saran dan kritik silahkan berikan komentar !!!

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.